Airlangga Disebut Calon Menko Perekonomian, Ini Komentar KEIN

Kompas.com - 17/10/2019, 14:41 WIB
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (kanan) berjalan bersama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (tengah) dan Pengurus DPP Partai Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita (kiri) saat akan melakukan pertemuan di Jakarta, Selasa (15/10/2019). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/wsj. MUHAMMAD ADIMAJAKetua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (kanan) berjalan bersama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (tengah) dan Pengurus DPP Partai Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita (kiri) saat akan melakukan pertemuan di Jakarta, Selasa (15/10/2019). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/wsj.

JAKARTA, KOMPAS.com - Nama Menteri Perindustrian sekaligus Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto mencuat menjadi salah satu calon Menteri Koordinator Perekonomian di Kabinet Kerja Jilid 2.

Menggapi hal itu, Wakil Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) Arif Budimanta, menilai Airlangga Hartarto adalah sosok yang sudah terbukti kepemimpinannya.

"Bagus, sudah bekerja (di kabinet). Apalagi Pak Airlangga juga Ketua Umum Partai Politik," ujarnya di Jakarta, Kamis (17/10/2019).

Baca juga: Kabinet Baru Jokowi, Ini Kriteria Menteri dari Dunia Usaha

"Beliau juga latar belakangnya profesional jadi sebagai seorang figur Menko juga baik ya menurut pandangan kami," sambung Arif.

Tidak hanya itu, Arif yang juga Direktur Eksekutif Megawati Institute juga memuji kepimpinan Airlangga yang dinilai lengkap.

Sebab sebelum jadi menteri, Airlangga juga sempat duduk di DPR sebagai Ketua Komisi VII DPR RI pada periode 2006-2009.

"Kinerja beliau sebagai ketua komisi, dan ketika jadi Menteri Perindustrian itu menunjukkan hal-hal yang progresif inisiatif terhadap industri 4.0," kata dia.

Baca juga: Jokowi Calonkan Mantan Menteri SBY Jadi Pimpinan Bank Dunia

Kepemimpinan yang kuat dinilai salah satu modal penting menjadi Menko Perekonomian. Sebab tugas utamanya yakni mengkoordinir kebijakan-kebijakan ekonomi.

Apalagi kata dia, tantangan ekonomi 5 tahun ke depan akan lebih berat seiring ancaman resesi global.

Selain Airlangga, nama lain yang disebut calon Menko Perekonomian yakni Sri Mulyani. Saat ini Sri Mulyani menjabat sebagai Menteri Keuangan.

Baca juga: Susi Minta Kebijakannya Diteruskan oleh Menteri Selanjutnya

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku
Komentar


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X