Rancang Ibu Kota Baru, Pemerintah Rekrut Konsultan Asing

Kompas.com - 17/10/2019, 15:44 WIB
Ilustrasi BappenasIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah menunjuk lembaga konsultan asing, McKinsey Indonesia untuk membantu perencanaan pemindahan ibu kota baru ke Kalimantan Timur.

Pemerintah sendiri telah memilih sebagian Kabupaten Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara sebagai lokasi ibu kota baru.

“Iya itu, kalau enggak salah konsorsium McKinsey, tapi anggotanya sebagian ahli (dari) Indonesia,” ujar Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro di Jakarta, Kamis (17/10/2019).

McKinsey & Company merupakan perusahaan konsultan manajemen multinasional. McKinsey menjadi konsultan dari 80 persen perusahaan besar di dunia.

Penunjukan McKinsey ini merupakan hasil kualifikasi pelelangan studi kelayakan teknis calon lokasi ibu kota negara yang dilakukan oleh Bappenas pada 25 Juli 2019.

Baca juga: High Technology, Transportasi Ibu kota Baru Tak akan Seperti Jakarta

“Itu (McKinsey) menyiapkan pra masterplan (ibu kota baru),” kata Bambang.

Sebelumnya, sayembara desain ibu kota Negara (IKN) secara resmi dibuka pada Rabu (2/10/2019). Akan dipilih tiga pemenang dari sayembara desain ini yang akan diumumkan dan ditetapkan pada 24 Desember 2019.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyebut hadiah sayembara IKN ini dinilai total Rp 5 miliar.

Tiga karya terbaik akan dikolaborasikan menjadi desain dasar untuk mengembangkan desain atau development design.

Setelah development design terbaik, akan digelar sayembara internasional yang kemudian dilanjutkan dengan penetapan pemenang.

Hasil pengembangan desain akan dilanjutkan ke tahap penyusunan dokumen konstruksi atau detail engineering design.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku
Komentar


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X