Dua Pos Menteri yang Dianggap Cocok untuk Airlangga Hartarto, Apa Saja?

Kompas.com - 21/10/2019, 14:59 WIB
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto ikut hadir di Istana, Senin (21/10/2019). KOMPAS.com/IhsanuddinKetua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto ikut hadir di Istana, Senin (21/10/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com – Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyatakan bersedia menjadi menteri di Kabinet Kerja Jilid 2 setelah dipanggil Presiden Joko Wododo ke Istana Negara pada Senin (21/10/2019).

Lantas posisi menteri mana yang dinilai cocok untuk Airlangga? Direktur Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Enny Sri Hartati menilai Airlangga bisa saja mengisi kursi Menteri Koordinator Perekonomian.

“Bisa jadi Pak Airlangga diangkat sebagai Menko Perekonomian,” ujarnya di breaking news Kompas TV, Jakarta, Senin (21/10/2019).

Enny menilai Airlangga punya kemampuan memimpin dan kemampuan pengetahuan ekonomi yang cukup untuk jadi seorang Menko Perekonomian.

Baca juga : Disebut Bakal Jadi Menko Perekonomian, Ini Kata Airlangga

Apalagi kata dia, pengalaman sebagai Menteri Perindustrian selama Kebinet Kerja Jilid 1 bisa dijadikan modal dasar. Meskipun kata Enny, kinerja Airlangga tidak memuaskan.

Padahal ucapnya, Airlangga punya kemampuan di sektor industri. Namun lantaran tergantung dengan sektor lain, sektor industri tak bisa tumbuh tinggi.

Sementara Pengamat Politik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Adi Prayitno meyakini Airlangga akan kembali menjadi Menteri Perindustrian seperti jabatannya di Kabinet Kerja Jilid 1.

“Banyak yang dicapai Pak Airlangga (sebagai Menperin). Bahkan capaiannya memuaskan dalam berbagai survei,” kata dia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X