Sri Mulyani Jadi Menkeu Lagi, Sesuai Harapan Pelaku Pasar

Kompas.com - 22/10/2019, 11:47 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani usai bertemu Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (22/10/2019). KOMPAS.com/IhsanuddinMenteri Keuangan Sri Mulyani usai bertemu Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (22/10/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Ekonom Bank Permata Joshua Pardede mengungkapan bahwa para pelaku pasar memang tetap menginginkan Sri Mulyani tetap menjabat sebagai Menteri Keuangan.

Hari ini Sri Mulyani dipanggil Presiden Joko Widodo ke Istana. Usai pertemuan, ia mengatakan dipilih lagi menjadi Menteri Keuangan.

"Pasar (memang) tetep berharap Bu Sri Mulyani jadi Menteri Keuangan," ujarnya di breaking news Kompas TV, Jakarta, Selasa (22/10/2019).

Baca juga: Sri Mulyani Tetap Menkeu, Ini Profilnya

Harapan pelaku pasar itu bukan tanpa dasar. Sebab kata Joshua, tugas seorang Menteri Keuangan sangatlah besar.

Tidak hanya mengelola kebijakan fiskal negara, mengelola anggaran belanja dan penerimaan negara, namun juga terkait menjaga ekonomi global dari ancaman gejolak ekonomi global.

Kebijakan fiskal yang tepat bisa menjadi benteng ekonomi Indonesia tetap tumbuh di tengah ancaman pelemahan ekonomi global.

Tak hanya itu, seorang Menteri Keuangan juga bisa memiliki pengaruh kepada rating surat utang Indonesia. Dengan menjaga kebijakan fiskal yang terpercaya, maka rating surat utang Indonesia bisa naik.

Hal ini bisa menarik para investor untuk kian tertarik masuk ke Indonesia melalui surat utang negara.

Di sisi lain, Sri Mulyani juga dinilai cukup berhasil menjaga defisit anggaran di bawah 2 persen dari PDB.

Baca juga: Ekonom: Sri Mulyani Dipanggil ke Istana, Beri Sentimen Positif Pasar...

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X