Airlangga Hartarto, Akar Beringin di Lapangan Banteng

Kompas.com - 23/10/2019, 08:36 WIB
Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto memberikan keterangan di Trade Expo Indonesia di ICE BSD, Tangerang, Banten, Kamis (17/10/2019). KOMPAS.COM/MURTI ALI LINGGAMenteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto memberikan keterangan di Trade Expo Indonesia di ICE BSD, Tangerang, Banten, Kamis (17/10/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Teka-teki nama Menteri Koordinator Perekonomian terjawab sudah. Presiden Joko Widodo resmi memilih Airlangga Hartarto sebagai Menko Perekonomian di Kabinet Kerja Jilid 2.

(Teka-teki nama Menteri Perindustrian terjawab sudah. Presiden Joko Widodo resmi memilih kembali Airlangga Hartarto sebagai Menteri Perindustrian di Kabinet Kerja Jilid 2.)

Airlangga bukanlah orang baru di kabinet. Namanya sudah hingar bingar di publik karena menjabat sebagai Menteri Perindustrian di Kabinet Kerja Jilid 1.

Baca juga: Disebut Bakal Jadi Menko Perekonomian, Ini Kata Airlangga

Ia juga dikenal berkat program Making Indonesia 4.0 yang merupakan program pemerintah untuk menyiapkan Indonesia menghadapi industri digital 4.0.

Terpilihnya Airlangga sebagai Menko Perekonomian tak terlalu mengejutkan. Sebab nama pria kelahiran Surabaya, 1 Oktober 1962 itu mencuat sejak sepekan lalu.

Sumber Kompas.com di internal Kemenko Perekonomian juga menyebutkan bahwa Airlangga adalah calon Menko Perekonomian menggantikan Darmin Nasution.

(Terpilihnya Airlangga sebagai  Menteri Perindustrian tak terlalu mengejutkan. Sebab nama pria kelahiran Surabaya, 1 Oktober 1962 itu santer dikabarkan jadi calon kuat Menperin atau Menko Perekonomian.)

Latar belakang Airlangga adalah seorang politikus dan pebisnis. Saat ini ia tercatat masih menjabat sebagai Ketua Umum Partai Golkar.

Baca juga: Airlangga Disebut Calon Menko Perekonomian, Ini Komentar KEIN

Pada Pilpres 2019, partai berlambang Pohon Beringin itu adalah salah satu partai pengusung Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Golkar sudah mengakar pada diri Airlangga. Sebab ia adalah anak Hartarto Sastrosoenarto, pejabat era Orde baru yang banyak makan asam garam di Kebinet Pembangunan.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X