Berlatar Belakang Politisi, Agus Gumiwang Jabat Menteri Perindustrian

Kompas.com - 23/10/2019, 09:42 WIB
Politisi Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita usai dipanggil Presiden Joko Widodo membicarakan posisi menteri KOMPAS.com/RAKHMAT NUR HAKIMPolitisi Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita usai dipanggil Presiden Joko Widodo membicarakan posisi menteri

JAKARTA, KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo menunjuk Agus Gumiwang Kartasasmita sebagai Menteri Perindustrian di Kabinet Indonesia Maju.

Hal itu disampaikan Presiden saat mengumunkan jajaran kabinet yang akan membantunya pada 2019-2024 di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (23/10/2019).

Agus bukan orang baru di kabinet. Pada Kebinet Kerja, ia menjabat sebagai Menteri Sosial sejak Agustus 2018. Saat itu ia menggantikan Idrus Marham yang jadi tersangka Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Pria lulusan Program Doktor Ilmu Pemerintahan Universitas Padjajaran memiliki latar belakang sebagai seorang politisi dari Partai Golkar. Di Partai Golkar, ia sempat menjabat Sekretaris Fraksi di DPR.

Sebelum jadi menteri, Agus sempat menjadi Anggota DPR RI Periode 2009-2014.

Pria kelahiran Jakarta, 3 Januari 1969 ini juga sempat menjabat sebagai bendahara tim kampanye kandidat nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin.

Dipilihnya Agus sebagai Menteri Perindustrian menambah panjang polikus Golkar di kementerian tersebut. Sebelum Agus, Airlangga Hartarto, MS Hidayat juga sempat menjabat Menteri Perindustrian, Fahmi Idris hingga Jusuf Kalla.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X