Suharso Jadi Kepala Bappenas, Ini Profilnya

Kompas.com - 23/10/2019, 09:46 WIB
Plt Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa usai bertemu Presiden Joko Widodo. Jokowi memanggil Suharso membicarakan posisi menteri KOMPAS.com/RAKHMAT NUR HAKIMPlt Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa usai bertemu Presiden Joko Widodo. Jokowi memanggil Suharso membicarakan posisi menteri

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo menunjuk Suharso Monoarfa sebagai Menteri BPN/Kepala Bappenas dalam kabinet periode 2019-2024.

Suharso menggantikan posisi Bambang Brodjonegoro yang sudah lebih dahulu menduduki posisi tersebut pada Kabinet Kerja.

Penunjukan Suharso diumumkan Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (23/10/2019). Pengumuman dilakukan tiga hari setelah Jokowi dilantik sebagai presiden di Gedung DPR/MPR kemarin, Minggu (20/10/2019).

Baca juga: Kepala Bappenas Pamerkan Capaian Jokowi-JK Selama 5 Tahun

Suharso merupakan politikus Partai Persatuan Pembangunan. Sebelumnya, dia pernah menjabat sebagai Menteri Perumahan rakyat di Kabinet Indonesia Bersatu II mski kemudian mundur pada 2011 karena alasan pribadi.

Pada Januari 2019, Pelaksana Tugas Ketua Umum PPP ini dipilih Jokowi sebagai salah satu anggota Dewan Pertimbangan Presiden.

Suharso mengakui ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai menteri di kabinet kerja. Dalam pertemuannya dengan Jokowi kemarin, Selasa (22/10/2019) Suharso pun menyatakan tak akan mundur dari pimpinan PPP karena dibolehkan oleh Jokowi.

"Kata Presiden tidak apa-apa (rangkap jabatan)," kata Suharso.

Baca juga: Penajam Paser Utara Rusuh, Bappenas Tegaskan Tak Pengaruhi Pemindahan Ibu Kota

Menduduki kursi Kepala Bappenas, salah satu pekerjaan rumah yang harus digarap Suharso adalah rencana pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Pagu indikatif anggaran Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas tahun 2020 sebesar Rp 1,81 triliun.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X