Listrik Hingga Biodiesel, Ini Pesan Terakhir Jonan untuk Menteri ESDM Baru

Kompas.com - 23/10/2019, 15:48 WIB
Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan (kiri) dan Arifin Tasrif (kanan) berjalan ketika hendak mengikuti proses serah terima jabatan (Sertijab) di Ruang Sarulla, Gedung Chairul Saleh, Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (23/10/2019). KOMPAS.COM/MURTI ALI LINGGAMantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan (kiri) dan Arifin Tasrif (kanan) berjalan ketika hendak mengikuti proses serah terima jabatan (Sertijab) di Ruang Sarulla, Gedung Chairul Saleh, Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (23/10/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Ignasius Jonan kini tak lagi menjabat Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Posisinya telah digantikan oleh menteri baru, Arifin Tasrif.

Arifin resmi ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai menteri ESDM yan masuk dalam Kabinet Indonesia Maju.

Di akhir masa jabatannya, Jonan menitipkan pesan dan harapan kepada Arifin mengenai layanan bidang energi di Tanah Air. Ia berharap persoalan ini tetap diperhatikan dan terus ditingkatkan layanannya.

"Apa yang menjadi pengabdian untuk rakyat mestinya bisa jalan terus. Terutama listrik, BBM dan juga climate change, biodiesel juga," kata Jonan dalam acara serah terima jabatan di Ruang Sarulla, Gedung Chairul Saleh, Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (23/10/2019).

Baca juga: Pengakuan Arifin Tasrif: Enggak Tahu Jadi Menteri Apa, Hanya Disuruh ke Jakarta...

Jonan menambahkan, selain pelayanan ketersediaan energi itu, unit kerja di bawah Kementerian ESDM juga harus terus ditingkatkan. Sehingga, keberadaannya memberikan kontribusi positif pada kelembagaan yang ujungnya bermanfaat bagi negara dan rakyat.

Ia mengakui masih ada sejumlah pekerjaan yang belum tuntas dikerjakannya selama menjabat. Karena itu, dia berharap Arifin bisa menyelesaikannya.

"SKK (Migas), saya pikir harus terus di-improve organisasinya. Ada beberapa yang belum saya selesaikan. Improvement semoga bisa lebih efektif," tuturnya.

Dia menyatakan, sangat senang mendapat pengganti menteri yang punya kapasitas dan kemampuan yang mumpuni. Selama ini, Jonan telah mengenal dengan baik sosok Arifin yang sebelumnya menjabat Duta Besar RI untuk Jepang di Tokyo.

"Selamat ya pak sudah menggantikan saya. Saya senang digantikan kawan lama. Saya kenal sudah 20 tahun lebih,"  terangnya.

"Pak Tasrif enggak terlalu asing dengan ini (bidang energi dan SDA). Kalau Minerba agak asing. (Tapi) ini akan jalan dengan baik," tambah dia.

Baca juga: Arifin Tasrif Jadi Menteri ESDM, Jonan: Saya Senang Digantikan Kawan Lama

Sementara itu, Arifin dalam kesempatan yang sama berterima kepada Jonan dan Wakil Menteri ESDM, Archandra Tahar yang telah bekerja selama ini. Ia berjanji akan berusaha secepat mungkin beradaptasi dengan lingkungan kerja ESDM dan bekerja secara bersama-sama.

"Mohonkan kerja sama memajukan kementerian ini, mensejahterakan bangsa ini. Terima kasih kepada Pak Jonan, yang telah di darmabaktikan selama ini," kata Arifin.

Arifin mengakui banyak tugas besar yang ada di Kementerian ESDM dan harus dituntaskan. Selain, memberikan inovasi dan terobosan yang baru.

"Saya akan berusaha mempelajari secepatnya. Dan saya sangat terbuka dengan masukan-masukan," tambahnya.

Baca juga: Ditunjuk Jadi Menteri ESDM, Bagaimana Kiprah Arifin Tasrif?

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X