Erick Thohir Ingin BUMN Bisa Caplok Perusahaan Asing

Kompas.com - 24/10/2019, 05:12 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir usai dilantik Presiden Joko Widodo KOMPAS.com/RAKHMAT NUR HAKIMMenteri BUMN Erick Thohir usai dilantik Presiden Joko Widodo

JAKARTA, KOMPAS.com - Erick Thohir mempunyai mimpi besar di Kementerian Badan Usaha Negara (BUMN).

Mantan Ketua Inasgoc ini ingin perusahaan-perusahaan BUMN bisa mengakuisisi perusahaan asing.

“Apalagi kalau bisa dua tahun ke depan kita caplok juga perusahaan luar negeri, jangan kita doang yang dicaplok (perusahaan asing),” ujar Erick di Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (23/10/2019) malam.

Namun, menurut Erick, pekerjaan itu tak mudah. Dia harus bisa menyinergikan perusahaan BUMN dengan BUMD dan pihak swasta. Dengan begitu, pangsa pasar perusahaan BUMN bisa semakin besar. Diharapkan, perusahaan BUMN bisa merambah ke pasar internasional.

Baca juga : Erick Thohir: Tak Boleh Beli Klub Sepak Bola Pakai Uang BUMN

“Kita juga enggak mau BUMN jadi menara gading. Kita mau di era kolaborasi ini mesti kerja sama dengan pihak-pihak yang kompeten untuk memenangi peperangan,” kata pria berusia 49 tahun itu.

Pekerjaan terbesarnya saat ini, kata Erick, harus bisa menciptakan ekosistem yang baik di BUMN. Sebab, selama ini BUMN dianggap serakah karena menggarap semua proyek yang ada di daerah.

“Saya ingin memperbaiki ekosistem. Bahwa untuk memenangi market itu sinergi dengan BUMN bagus, tapi juga bisa sinergi dengan BUMD. Kan beberapa aset BUMN ada di daerah,” ucap dia.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku
Komentar


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X