Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER MONEY] Susi Teteskan Air Mata | Mantan Sopir Angkot yang Urus Investasi

Kompas.com - 24/10/2019, 06:00 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengumuman dan pelantikan menteri Kabinet Indonesia Maju mendapatkan atensi yang cukup besar dari publik, Rabu (23/10/2019).

Berita-berita dari event tersebut pun juga mendominasi pemberitaan. Salah satunya adalah mengenai serah terima jabatan Menteri Kelautan dan Perikanan dari Susi Pudjiastuti kepada Eddhy Prabowo.

Berita lain yang juga populer adalah profil para menteri. Berikut 5 berita terpopuler dari kanal Money:

1. Serah Terima Jabatan, Susi Pudjiastuti Teteskan Air Mata

Ada suasana haru saat Menteri Kelautan dan Perikanan Kabinet Kerja Jilid 1 Susi Pudjiastuti menyerahterimakan jabatannya kepada Menteri Kelautan dan Perikanan yang baru, Edhy Prabowo.

Susi Pudjiastuti terlihat meneteskan air mata saat Sekretaris Jenderal Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Nilanto Perbowo membacakan puisi dari sebuah karikatur.

Adapun karikatur bergambar laut, ikan, dan wajah Susi itu merupakan kenang-kenangan untuk wanita asal Pangadaran ini dari para penjabat eselon I KKP dan warga KKP seluruhnya. Selengkapnya silakan baca di sini.

2. Saat Menteri Pengganti Susi Keceplosan...

Ada hal menggelitik saat serah terima jabatan antara Susi Pudjiastuti dengan Menteri Kelautan dan Perikanan yang baru, Edhy Prabowo, di gedung Mina Bahari III KKP, Jakarta, Rabu (23/10/2019).

Edhy sempat keceplosan saat memberikam sambutannya. Dia terbalik mengatakan periode kepemimpinannya di KKP dengan periode kepemimpinan Susi Pudjiastuti. Periode kepemimpinannya tahun 2019-2024 dia sebut dengan periode Susi.

Namun belum selesai dia bicara, dia tersadar dan kembali meralat ucapannya.

"Yang sama-sama kita hormati, sama-sama kita banggakan Ibu Susi Pudjiastuti sebagai menteri KKP periode 2019 sampai dua ribu, eh saya menterinya," kata Edhy Prabowo yang membuat para pegawai KKP tertawa. Selengkapnya silakan baca di sini.

3. Ditunjuk Jadi Menteri ESDM, Bagaimana Kiprah Arifin Tasrif?

Arifin Tasrif didapuk Presiden Jokowi untuk menjabat sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Pria kelahiran 19 Juni 1953 ini menggantikan Ignasius Jonan yang tak lagi masuk dalam jajaran Kabinet Indonesia Maju Sebelum menjadi Menteri ESDM, pria lulusan Institu Teknologi Bandung ini merupakan Duta Besar Indonesia untuk Jepang sejak 2017 lalu.

Selama menjadi Dubes, Arifin terlibat dalam sejumlah kerja sama bidang energi antara Indonesia dan Jepang. Salah satunya adalah penandatanganan Head of Agreement (HOA) pengembangan Blok Masela pada 16 Juni 2019 di Jepang. Selengkapnya silakan baca di sini.

4. Bahlil Lahadalia, Sopir Angkot yang Kini Mengurus Investasi

Bahlil Lahadalia resmi ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo untuk menduduki jabatan sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Bahlil akan menggantikan posisi Thomas Lembong.

Nama Bahlil mulai dikenal saat terpilih sebagai Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia ( Hipmi) periode 2015-2019. Sebelum menjabat Ketua Umum BPP Hipmi, pria kelahiran Banda, Maluku Tengah, Maluku, pada 7 Agustus 1976 itu merupakan pemilik PT Rifa Capital Holding Company.

Perusahaan Bahlil masuk ke berbagai sektor usaha, dari perkebunan, properti, transportasi, pertambangan, hingga konstruksi. Selengkapnya silakan baca di sini.

5. Di Hadapan Erick Thohir, Air Mata Rini Soemarno Tumpah...

Mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara ( BUMN) Rini Soemarno tak bisa menahan air matanya saat proses serah terima jabatan kepada Erick Thohir Saat acara itu, Rini diberi kesempatan untuk memberikan sambutannya yang terakhir sebagai Menteri BUMN.

Dengan suara parau, Rini berterima kasih dan sekaligus meminta maaf kepada para pegawai dan direksi BUMN.

“Saya mohon maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh karyawan BUMN dan direksi. Pasti dalam 5 tahun ini ada kata-kata saya yang meyakitkan, atau tingkah laku saya yang menyinggung. Sebagai manusia saya tak lepas dari kekurangan-kekurangan,” ujar Rini sambil meneteskan air matanya di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (23/10/2019). Selengkapnya silakan baca di sini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com