Erick Thohir Kritik Bisnis Model Sarinah yang Ketinggalan Zaman

Kompas.com - 24/10/2019, 10:32 WIB
Plang ikonik Sarinah. KOMPAS.com/Vitorio MantaleanPlang ikonik Sarinah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara ( BUMN) Erick Thohir mengkritik bisnis model yang saat ini dijalankan oleh PT Sarinah (Persero).

Menurut mantan pemilik klub sepak bola Inter Milan itu, bisnis model PT Sarinah sudah ketinggalan zaman. Sarinah sendiri merupakan perusahaan plat merah yang bergerak di bidang ritel.

“Paling mudah Sarinah contohnya. Di era e-commerce, kita masih jual ritel seperti old days. Ya enggak bisa,” ujar Erick di Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (23/10/2019) malam.

Baca juga : Ini Strategi Sarinah Hadapi Persaingan dengan E-commerce

Erick menginginkan bisnis model Sarinah diubah. Dia menginginkan Sarinah bisa berkolaborasi dengan perusahaan e-commerce terkemuka di Indonesia.

“Mungkin kita bisa kerja sama dengan e-commerce yang sudah gede seperti Tokopedia. Sarinah (bisa) menjadi titik distribusi bersama Pos Indonesia,” kata pria berusia 49 tahun itu.

Menurut Erick, Sarinah tak perlu ikut-ikutan membuat perusahaan e-commerce. Jika hal tersebut dilakukan, Sarinah pasti kalah dengan perusahaan e-commerce yang lebih dahulu muncul.

“Ngapain kita sok bikin seperti Tokopedia, ya pasti kalah. Tapi kan Tokopedia perlu gudang, nah gudangnya disediakan BUMN saja,” ucap mantan Ketua INASGOC itu.

Baca juga: Erick Thohir: Tak Boleh Beli Klub Sepak Bola Pakai Uang BUMN

Sebelumya, Presiden Joko Widodo resmi menunjuk pendiri Mahaka Group Erick Thohir sebagai Menteri BUMN di Kabinet Indonesia Maju.

Hal ini dipastikan Presiden Joko Widodo mengumumkan jajaran Kabinet 2019-2024 di Istana Negara pada Rabu (23/11/2019).

"Membangun BUMN, ekspansi ke pasar global, itu ada di beliau," sebut Jokowi saat mengumumkan anggota kabinet.

Nama Erick Thohir sudah disebut-sebut sebagai calon Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang sebelumnya ditempati oleh Rini Soemarno.

Baca juga: Di Hadapan Erick Thohir, Air Mata Rini Soemarno Tumpah...

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X