Ini Bocoran 4 Moda Transportasi di Masa Depan

Kompas.com - 24/10/2019, 14:36 WIB
Toyota Field Support Robot toyotaToyota Field Support Robot

JAKARTA, KOMPAS.com -  Di masa depan, kendaraan tidak sekadar memindahkan manusia dari titik A ke titik B.

Kendaraan juga harus punya nilai lebih di mata penggunanya sehingga tercipta pola relasi dan pengalaman yang unik, menyentuh, dan personal dengan tetap mengedepankan keselamatan dan kenyamanan berkendara.

Atas dasar itu, saat ini nilai Toyota bergeser ke arah ‘perusahaan mobilitas’ dalam periode transformasi yang hanya terjadi sekali dalam satu abad.

“Membawa kegembiraan dan kebebasan bergerak untuk semua. Ini adalah bentuk dari masyarakat mobilitas masa depan yang kita impikan bersama,” ujar President Toyota Motor Corporation Akio Toyoda dalam keterangan tertulisnya dalam rangka Tokyo Motor Show 2019, Kamis (24/10/2019).

“Ke depan, Toyota akan menyediakan beragam layanan mobilitas dan solusi transportasi untuk orang-orang di seluruh dunia seiring perubahan Toyota menjadi perusahaan mobilitas. Namun, kami tidak dapat melakukan semuanya sendiri di Toyota,” sambungnya.

Dia pun membeberkan empat jenis kendaraan yang nantinya digandrungi masyarakat di masa depan.

Keempat kendaraan tersebut, yakni kendaraan elektrifikasi (electrified vehicle), kendaraan mobilitas (mobility vehicle), kendaraan otonom (autonomous vehicle), dan kendaraan yang bisa dipakai bersama (ride sharing vehicle).

Dia menyebutkan, Mobility for All menjadi strategi pengembangan produk mobilitas Toyota di masa depan dengan fokus pada teknologi autonomous. Tujuan pertama adalah di sektor safety untuk meningkatkan keselamatan berkendara.

Tidak hanya untuk meminimalisir korban, tapi juga mencegah terjadinya kecelakaan sejak dini. Kedua, dengan adanya teknologi serba otomatis, mengurangi peran pengemudi, terutama lanjut usia, dalam mengambil keputusan krusial di jalan.

Tidak hanya penting untuk mereka, namun juga untuk pengguna jalan lainnya. Obyektif terakhir adalah menciptakan masyarakat yang dimana setiap individunya dapat bergerak bebas, aman dan nyaman.

Toyota melihat bahwa ke depan mobiltas utamanya adalah membantu manusia, untuk itu perlu adanya interpretasi yang lengkap dan dapat diliat serta dirasakan secara langsung oleh pengunjung mengenai bagaimana sebuah teknologi akan men-support kehidupan mereka.

Untuk dapat memberikan gambaran yang tepat mengenai mobiltas masa depan Toyota Motor Corporation (Toyota) berencana membuat "mobility theme park", sebuah arena bermain di booth Toyota dengan tema “Play the Future selama gelaran Tokyo Motor Show 2019

Toyota sendiri saat ini telah mengembangkan dan memproduksi Hybrid Electric Vehicle (HEV), Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV), dan Battery Electric Vehicle (BEV).

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X