Waralaba Laundry Asal Spanyol Ini Garap Pasar Indonesia

Kompas.com - 24/10/2019, 15:48 WIB
Vice President of Expansion Mr Jeff, Christakis Theodorou Villalta berfoto usai menjelaskan ekspansi Mr Jeff ke Indonesia di Jakarta, Kamis (24/10/2019). KOMPAS.com/FIKA NURUL ULYAVice President of Expansion Mr Jeff, Christakis Theodorou Villalta berfoto usai menjelaskan ekspansi Mr Jeff ke Indonesia di Jakarta, Kamis (24/10/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Mr Jeff, sebuah superapps layanan laundry asal Spanyol tengah bersiap-siap menggarap pasar Indonesia akhir tahun ini, sekitar bulan November-Desember 2019.

Adapun tempat pertama yang menjadi pilihan adalah apartemen di Jakarta Pusat. Mr Jeff juga berencana membuka kantor pusat untuk Asia Tenggara di Indonesia berbarengan dengan peluncuran aplikasi Mr Jeff.

"Kami akan me-launch superapps Mr Jeff di Jakarta Pusat dan kantor pusat untuk Asia Tenggara di Indonesia pada bulan November akhir atau sekitar awal Desember," kata Vice President of Expansion Mr Jeff, Christakis Theodorou Villalta kepada Kompas.com di Jakarta, Kamis (24/10/2019).

Baca juga: Saingi Starbucks, Waralaba Kopi Asal China Rambah Pasar Timur Tengah

Christakis mengatakan, dipilihnya Indonesia menjadi untuk mengekspansi bisnis sekaligus pusat kantor karena Indonesia merupakan negara yang patut diperhitungkan.

Dia bilang, pertumbuhan ekonomi Indonesia ditopang oleh belanja konsumsi masyarakatnya. Pertumbuhan ini membuat ekonomi Indonesia tumbuh baik ketimbang negara-negara lainnya.

"Pasarnya sangat menjanjikan untuk digarap. Meski pemain jasa laundry kini mencapai ribuan, belum banyak di Indonesia yang menciptakan ekosistem waralaba laundry dalam aplikasi," kata dia.

Saat ini, total waralaba Mr Jeff mencapai 370 di lebih dari 30 negara. Adapun hingga akhir tahun 2019, dia berencana membuka 30 sampai 40 waralaba di Indonesia.

"Sedangkan tahun depan, kami ingin membuka 1.500 waralaba di Asia Tenggara," ungkap Christakis.

Tidak hanya itu, dia juga berencana bekerja sama dengan layanan keuangan digital seperti Gopay dan OVO untuk mempermudah penyerapan pasar di Indonesia. Adapun saat ini, pembayaran Mr Jeff masih terfokus pada kartu kredit, kartu debit, dan tunai.

"Kami berencana akan mengembangkan pembayaran ke metode pembayaran lain. Semoga secepatnya. Inginnya, ketika kita meluncurkan jasa atau layanan Mr Jeff, kita juga akan meluncurkan sistem lengkapnya juga," sebut dia.

Baca juga: Mau Mulai Bisnis Waralaba, Perhatikan Ini



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X