Kartika Wirjoatmodjo Jadi Wakil Menteri, Siapa yang Akan Isi Kursi Dirut Mandiri?

Kompas.com - 25/10/2019, 16:40 WIB
Kartika Wirjoatmodjo KOMPAS.com/ PRAMDIA ARHANDO JULIANTOKartika Wirjoatmodjo

JAKARTA, KOMPAS.com - Kartika Wirjoatmodjo telah dilantik oleh Presiden Joko Widodo menjadi Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN, Jumat (25/10/2019).

Dengan diangkatnya Kartika sebagai wakil menteri, otomatis terjadi kekosongan di kursi Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (KOMPAS100:BMRI).

Ketika dikonfirmasi oleh Kompas.com, Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas mengatakan Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Sulaiman Arif Arianto secara otomatis bakal menjalankan tugas-tugas Direktur Utama. Meski dari sisi jabatan tidak ada perubahan.

"Berdasarkan anggaran dasar kami, Wadirut otomatis menjadi pengemban tugas Dirut dengan status jabatan tetap sebagai Wadirut," ujar Rohan ketika dihubungi Kompas.com, Jumat (25/10/2019).

Baca juga : Sampai Agustus, Bank Mandiri Telah Kucurkan Kredit Rp 15,03 Triliun

Adapun posisi direktur utama definitif baru akan ditetapkan pada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang akan datang.

Meski belum diketahui kapan RUPS bakal dilangsungkan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"(Sulaiman mengemban tugas dirut) sampai pemegang saham menetapkan adanya RUPS," ujar Rohan.

Perjalanan Karier Tiko

Sebagai informasi, Kartika Wirjoatmodjo menjabat Direktur Utama Bank Mandiri sejak 2015. Sebelumnya Kartika merupakan Kepala Eksekutif Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) (2014-2015).

Pria yang akrab disapa Tiko tersebut kini menjabat sebagai Wakil Menteri BUMN bersama dengan mantan Direktur Utama INALUM Budi Gunadi Sadikin.

Tiko akan mendampingi Menteri BUMN Erick Thohir pada Kabinet Indonesia Maju 2019-2024 ini.

Setelah malang melintang di dunia perbankan, Menteri Badan Usaha Milik Negara ( BUMN) Erick Thohir mengaku merekomendasikan Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo sebagai wakil menterinya.

“Ya (Katika Wirjoatmodjo) salah satu kandidat yang profesional dan usianya lebih muda dari saya,” ujar Erick di Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (23/10/2019) malam.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.