Ekonomi Dunia Melemah, Bagaimana Proyeksi Pertumbuhan Pasar Modal Tahun Depan?

Kompas.com - 26/10/2019, 13:03 WIB
Direktur Utama PT Avrist Asset Management (Avram) Hanif Mantiq  (kiri depan) melihat layar peradangan perdana Reksa Dana Avrist ETF Fixed Rate Bond l (XAFA) usai diluncurkan di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Jumat (18/12/2019). KOMPAS.COM/MURTI ALI LINGGADirektur Utama PT Avrist Asset Management (Avram) Hanif Mantiq  (kiri depan) melihat layar peradangan perdana Reksa Dana Avrist ETF Fixed Rate Bond l (XAFA) usai diluncurkan di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Jumat (18/12/2019).
Penulis Mutia Fauzia
|

LOMBOK, KOMPAS.com - Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK Hoesen mengatakan, pihaknya tak akan memasang target tinggi pasar modal pada 2020. Hal ini lantaran berbagai lembaga perekonomian dunia memprediksi adanya perlambatan ekonomi global tahun depan. 

Perlambatan ekonomi global akan berdampak kepada melambatnya perekonomian hampir seluruh negara, termasuk Indonesia. 

"Dunia sudah koreksi pertumbuhan, suka atau tidak perlambatan ekonomi akan terjadi, tapi semua bukan hanya Indonesia. Rasanya kalau kami buat target terlalu optimis, kami jadi orang aneh sendiri," kata Hoesen dalam acara media gathering di Lombok, Jakarta (25/10/2019).

Baca juga: Periode Kedua Jokowi, Dirut BEI Ingin Lebih Banyak BUMN Melantai di Bursa

Meskipun demikian, Hoesen masih optimis dengan kinerja pasar modal tahun depan. Sebab, pertumbuhan investor di sektor retail terus bertambah. Hal itu bisa ikut mendorong pertumbuhan likuiditas di pasar modal.

Selain itu, koreksi pertumbuhan ekonomi Indonesia pun tak sebesar negara-negara lain, baik di kawasan Asia-Pasifik, maupun Eropa dan Amerika.

Bank Dunia baru-baru ini mengoreksi proyeksi pertumbuhan RI tahun depan dari 5,2 persen jadi hanya 5 persen.

Hal yang sama juga dilakukan oleh Dana Moneter Internasional (IMF)

"Tahun depan kurang lebih tidak akan jauh berbeda dengan kondisi hari ini. Tapi kami punya optimis terhadap investor retail," kata Hoesen.

Baca juga: Grand Indonesia dan Plaza Indonesia Gelar Pesta Diskon Akhir Tahun

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X