Lebih Baik Bayar Tagihan Kartu Kredit Ketimbang Utang Lainnya, Mengapa?

Kompas.com - 27/10/2019, 07:00 WIB
Ilustrasi kartu kredit ShutterstockIlustrasi kartu kredit

KOMPAS.com - Setuju atau tidak, hidup akan terasa kurang nikmat ketika utang ada di mana-mana. Mau bersenang-senang saja rasanya sangat sulit.

Bayangkan kalau kreditur tiba-tiba menelpon saat Anda sedang bersenang-senang. Suasana hati yang tadinya bagus pasti akan berubah menjadi buruk alias bad mood.

Kondisi akan semakin buruk lagi ketika bank menyuruh Anda untuk segera melunasi salah satu utang. Contohnya saja utang kartu kredit. Jika utang tidak segera dilunasi, maka barang-barang kesayangan akan disita oleh pihak bank. Sangat tidak mengenakkan, bukan?

Satu yang menjadi pertanyaan, bagaimana kalau ternyata Anda mempunyai banyak pembayaran dalam satu bulan? Jadi, apa yang dibayar tidak hanya sekadar utang kartu kredit saja, tapi juga tagihan-tagihan lainnya.

Lalu, utang mana yang sebaiknya dibayarkan terlebih dahulu? Bayar utang kartu kredit dulu atau utang yang lain? Untuk tahu jawabnya, simak ulasan berikut seperti dikutip dari Cermati.com.

Dampak Cicilan Kartu Kredit yang Menunggak

1. Utang akan Semakin Sulit Lunas

Sekali terkena jebakan utang kartu kredit, percayalah kalau ini tidak akan selesai begitu saja jika mengabaikan komitmen untuk disiplin membayar tagihan dan bijak menggunakan kartu kredit. Utang bisa semakin bertambah setiap bulan.

Pembayaran cicilan yang awalnya hanya Rp 500.000 per bulan berubah menjadi jutaan rupiah untuk bulan depan. Jumlah yang semakin besar ini disebabkan karena adanya pembebanan biaya cicilan dari bulan lalu ke bulan sekarang. Jadi wajar kalau jumlah yang dibayar bertambah dua kali lipat.

Jika ingin mengurangi utang, coba bayar cicilan secara tepat waktu. Bila perlu sebelum tanggal jatuh tempo tiba untuk mencegah terjadinya lupa bayar. Sebab bukannya tidak mungkin Anda lupa bayar karena terlalu sibuk pada hari yang bersangkutan.

2. Beban Bunga Bertambah Besar

Kalau yang satu ini sudah pasti dan tidak bisa dielakkan lagi bahwa beban bunga makin menumpuk jika tak bayar tagihan tepat waktu. Bahkan pembayaran cicilan secara tepat waktu saja tetap akan dikenakan suku bunga walau persentasenya tidak sebesar ketika Anda terlambat membayar utang.

Perlu diketahui, bunga cicilan kartu kredit yang dibayar setiap bulan berbeda antara bulan ini dengan bulan sebelumnya atau berikutnya. Sebab besarnya bunga yang dibayar akan dihitung berdasarkan jumlah utang.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X