Orang Bertipe ‘Humblebragger’ Tak Disukai dalam Bersosialisi, Mengapa?

Kompas.com - 27/10/2019, 10:06 WIB
Ilustrasi pekerja milenial. SHUTTERSTOCK/RED MANGOIlustrasi pekerja milenial.

KOMPAS.com - Sikap menghargai sesama memang sangat dianjurkan, namun ada seseorang yang dijuluki humblebragger di mana sikapnya kurang disukai. Bagaimana tidak? Humblebragger merupakan sikap seseorang yang pamer tentang apa yang didapatnya, disertai dengan keluhan.

Sebagai contoh, dia mengakui bahwa mendapatkan project pekerjaan, tetapi dia mengeluh capek untuk mengerjakannya. Dan hal itu dia utarakan, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Pamer sekaligus mengeluh yang disampaikan secara langsung bisa ke teman atau orang-orang di sekitarnya. Sedangkan secara tidak langsung, seperti dia mengutarakannya menggunakan Instastrory, status di WhatssApp, dan media sosial lainnya.

Untuk itu, hindari diri Anda dari sikap seperti ini. Agar Anda tidak termasuk tipe orang yang humblebragger, sebaiknya biasakan diri melakukan hal-hal berikut ini seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Pahami Mental ‘Humblebagger’ dan Hindari

Guna mengingatkan diri sendiri akan buruknya memiliki sifat humblebragger, maka pahami karakter-karakter tipe ini dan jauhi sikat yang selama ini mungkin sudah jadi kebiasaan.

Berpikirlah sejenak untuk menganalisa mengapa sifat itu tidak harus ada dalam diri Anda. Jika perlu, cari di internet atau baca buku mengenai sisi buruk humblebagger yang berakibat fatal dalam hidup Anda.

Dengan memahami diri sendiri akan adanya kemungkinan tipe humblebragger di dalam diri, maka sedikit demi sedikit Anda bisa mengikis sikap ini yang mungkin sudah mengendap dalam diri Anda.

Jika Anda merasa tak yakin apakah diri terlah terkontaminasi mental humblebragger, Anda bisa minta masukan dari teman bagaimana perilaku Anda selama ini, apakah tanpa Anda sadari telah melakukan hal-hal yang biasanya ada dalam diri yang dengan tipe humblebragger atau tidak.

Dan sebagai sahabat, jangan segan untuk minta teman buat mengingatkan jika Anda berlaku humblebragger tanpa Anda sadari. Begitu juga sebaliknya, ketika teman baik Anda berbuat sifat buruk ini maka ingatkan dengan cara yang halus tanpa menyinggung perasaannya.

2. Jangan Terlalu Sering, Tunjukkan Kelebihan Diri Hanya Sesekali Saja

Kelebihan diri sendiri terkadang memang perlu ditunjukkan untuk sebuah tujuan atau prospek yang lebih baik ke depannya. Seperti ketika memenangkan sebuah acara, Anda bisa mengunggah di Instagram story atau WhatsApp story.

Banyak orang juga mengunggahnya di Instagram. Ini dimaksudkan agar semua orang dapat melihat prestasi yang sudah Anda raih. Dalam bentuk tujuan positif maka hal ini dikatakan sah-sah saja. Justru ini dapat membuka job baru untuk Anda.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X