Kompas.com - 28/10/2019, 14:51 WIB
Petugas PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya memeriksa pasokan listrik di Gedung DPR/MPR, Jakarta, Jumat (18/10/2019). Jelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2019 - 2024 pada Minggu, 20 Oktober 2019, gedung DPR/MPR dipasok listrik dari berbagai sumber yang difasilitasi Automatic Change Over (ACO) dengan total daya 7.900.000 VA. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGPetugas PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya memeriksa pasokan listrik di Gedung DPR/MPR, Jakarta, Jumat (18/10/2019). Jelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2019 - 2024 pada Minggu, 20 Oktober 2019, gedung DPR/MPR dipasok listrik dari berbagai sumber yang difasilitasi Automatic Change Over (ACO) dengan total daya 7.900.000 VA.

JAKARTA, KOMPAS.com - PLN siap memasok listrik untuk 10 destinasi pariwisata prioritas dan 11 wilayah shore connection.

Hal itu dilakukan setelah PLN meneken tiga Memorandum of Understanding (MoU) dalam perayaan Hari Listrik Nasional (HLN) ke 74 yaitu dengan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) dan Pelindo III.

“Penandatanganan MoU ini dilaksanakan atas dasar prinsip kebersamaan saling menghormati dan menguntungkan baik dari sisi potensi maupun nilai strategis,” kata Plt Dirut PLN Sripeni Inten Cahyani dalam keterangan resminya, Senin (2810/2019).

MoU pertama adalah dengan Kemenpar untuk penyediaan Infrastruktur listrik destinasi pariwisata prioritas.

Dalam MoU tersebut, PLN berkomitmen memenuhi kebutuhan listrik total sebesar 241.000 kVA. Adapun 10 Destinasi Pariwisata Prioritas tersebut terdiri dari:

1. Danau Toba, Sumatera Utara,
2. Tanjung Kelayang, Bangka Belitung,
3. Tanjung Lesung, Banten,
4. Kepulauan Seribu, Jakarta Raya,
5. Borobudur, Jawa Tengah,
6. Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur,
7. Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB)
8. Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT),
9. Wakatobi, Sulawesi Tenggara,
10. Morotai, Maluku Utara,

MoU kedua berisi komitmen PLN dalam memasok tenaga listrik untuk memenuhi kebutuhan daya listrik di 11 (sebelas) lokasi Pelabuhan/Terminal PELINDO III guna mendukung kegiatan operasional pelabuhan, dengan pasokan Tegangan Menengah 20 kV (dua puluh kilo volt) dan total daya sebesar 29.892 kVA.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Genjot Rasio Elektrifikasi di Papua dan Papua Barat, Ini Langkah PLN

Adapun ke 11 pelabuhan tersebut diantaranya adalah Bagendang Sampit, Kumai, Batulicin, dan pelabuhan Banjarmasin di Kalselteng, Tenau Kupang dan Maumere di NTT, Lembar di NTB, Tanjung Intan dan Tanjung Emas di DJTY, TPS dan Semen Tuban di Jawa Timur.

MoU ketiga dengan PELINDO III adalah tentang sinergi kerjasama bidang energi, logistik, kepelabuhanan dan pemanfaatan lahan idle.

Diharapkan melalui kerjasama ini akan terjalin kemitraan dan terwujud sinergi usaha dengan prinsip saling menguntungkan dalam pengembangan dan peningkatan kegiatan dan program kerja, serta terjalinnya hubungan baik jangka panjang antara PLN dengan Kemenpar serta PLN dengan Pelindo III.

Penandatanganan tersebut dilakukan oleh Plt Direktur Utama (Dirut) PLN Sripeni Inten Cahyani bersama dengan Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Kementerian Pariwisata Dadang Rizki Ratman, SH., MPA dan Direktur Utama PT Pelindo III Doso Agung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.