Ekonomi Dunia Melambat, Menkominfo Minta Startup Jeli

Kompas.com - 28/10/2019, 17:44 WIB
Menteri Komunikasi dan Informasi Johnny G Plate di Kantor Kominfo, Jakarta, Senin (28/10/2019) Kompas.com/YOGA SUKMANAMenteri Komunikasi dan Informasi Johnny G Plate di Kantor Kominfo, Jakarta, Senin (28/10/2019)

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Komunikasi dan Informatika ( Menkominfo) Johnny G Plate meminta perusahaan-perusahaan rintisan atau startup untuk jeli mengembangkan bisnisnya.

Hal ini menurutnya sangat penting lantaran adanya tantangan besar, yakni perlambatan pertumbuhan ekonomi dunia yang bisa berdampak kepada perlambatan ekonomi Indonesia.

"Kita awali periode pemerintahan ini dengan tantantan yang besar, tidak dalam situasi yang ideal. Kita harus rasional," ujarnya di Jakarta, Senin (28/10/2019).

Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia, kata Johnny, sudah memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi global sebanyak 4 kali. Kini ekonomi global diproyeksikan hanya tumbuh 3 persen pada 2019.

Sementara itu, target pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 5,3 persen pada 2020.

Baca juga: Kemenristekdikti Telah Gelontorkan Rp 280 Miliar untuk Startup

Johnny melihat masih ada celah yang bisa dimanfaatkan oleh startup untuk tumbuh pada 2020. Asalkan startup itu jeli mengembangkan bisnisnya.

"Dengan (pertumbuhan ekonomi) 5,3 persen harusnya ada ruang bagaimana kita bisa mengembangkan startup kita. Sekali lagi harus ada kejelian dari startup untuk memilih yang mana saja, dan bagaimana itu dilakukan dengan baik," kata dia.

Kominfo, ucapnya, akan memberikan dukungan dan fasilitas kepada startup agar tetap bisa tumbuh.

Apalagi, pemerintah sedang mengejar target agar Indonesia memiliki 1.000 startup.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X