Kadin: Targetkan 2.500 Km Jalan Tol, Pemerintah Perlu Dorong Investasi Swasta

Kompas.com - 29/10/2019, 17:12 WIB
Ilustrasi jalan tol. Jasa MargaIlustrasi jalan tol.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar Dagang dan Industri Indonesia ( Kadin) menilai pemerintah perlu mengeluarkan kebijakan yang menarik investor swasta tertarik membangun proyek jalan tol.

Apalagi, pemerintah berencana membangun jalan tol sepanjang 2.500 km dengan perkiraan investasi Rp 250 triliun hingga Rp 375 triliun dalam 5 tahun ke depan.

Hal tersebut mengindikasikan partisipasi swasta sangat diharapkan dalam percepatan pembangunan jalan tol di Indonesia dengan memanfaatkan Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

"Pemerintah perlu mengeluarkan sejumlah kebijakan yang menarik dari sisi investasi agar pihak swasta tertarik dan mau berinvestasi di proyek pembangunan jalan tol,” kata Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Konstruksi dan Infrastruktur Erwin Aksa di Jakarta, Selasa (29/10/2019).

Baca juga: Kadin Berharap Kabinet Baru Bisa Jawab Tantangan Perekonomian Nasional

Menurut Erwin, bisnis jalan tol memang perlu dibuat lebih menarik. Sebab, target investasinya sendiri memerlukan dana besar dan jangka panjang dengan dana perbankan yang terbatas.

Adapun kata dia, salah satu yang membuat investor swasta melirik proyek adalah dengan mengusung integrasi dan konektivitas.

“Integrasi dan konektivitas menjadi kunci untuk menarik swasta berinvestasi. Buat pula alternatif model bisnis dan pilihan skema pembiayaan yang secara risiko lebih kecil," saran Erwin.

Sebagai informasi, pemerintah telah meningkatkan alokasi anggaran infrastruktur hingga Rp 1.739 triliun dalam 5 tahun terakhir.

Dalam 5 tahun terakhir pula, pemerintah telah membangun 3.194 km jalan perbatasan, 1.387 km jalan tol, dan 811,9 km rel kereta api.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X