Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tjahjo: Kalau Setengah Tahun Ini Saya Tidak Mampu, Saya Mundur

Kompas.com - 30/10/2019, 13:13 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo mengaku siap mundur jabatannya jika tak bisa menyelsaikan masalah eselonisasi.

Dia ingin meniadakan pejabat eselon III dan IV di kementerian dan lembaga. Hal ini sesuai arahan dari Presiden Joko Widodo.

“Janji saya ke Presiden kalau setengah tahun ini saya tidak mampu, saya mundur,” ujar Tjahjo di kantornya, Jakarta, Rabu (30/10/2019).

Tjahjo menjelaskan, pemangkasan eselonisasi itu dilakukan untuk memangkas birokrasi. Diharapkan, dengan semakin mudahnya sistem birokrasi di Indonesia bisa menarik minat para investor dalam menanamkan modalnya.

Dalam fungsi di pemerintah pusat, Eselon III biasanya menjabat sebagai Kepala Bagian, Kepala Bidang, Kepala Subdirektorat. Lalu, eselon IV seperti, Kepala Subbagian, Kepala Subbidang, Kepala Seksi.

“Memang pemangkasan itu bertujuan menciptakan birokrasi yang lebih ramping dan mendukung masyarakat lebih baik.

Baca juga: Tjahjo Akan Pangkas Pejabat Eselon III dan IV di Kemenpan RB Tahun Ini

"Percepatan untuk mengeluarkan izin misalnya, PTSP itu masih lamban sekali,” kata Tjahjo.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menilai keberadaan eselon I-IV yang ada di kementerian dan lembaga terlalu banyak. Jokowi ingin agar struktur eselonisasi ini disederhanakan.

Hal ini disampaikan Jokowi dalam pidatonya usai dilantik sebagai Presiden RI 2019-2024, Minggu (20/10/2019).

"Eselon I, eselon II, eselon III, eselon IV, apa tidak kebanyakan? Saya minta untuk  disederhanakan menjadi 2 level saja, diganti dengan jabatan fungsional yang menghargai keahlian, menghargai kompetensi," kata Jokowi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com