Simak, Ini Manfaat Rekrut Kandidat Potensial Ketimbang Berpengalaman

Kompas.com - 30/10/2019, 16:00 WIB
Ilustrasi karyawan. istIlustrasi karyawan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Robert Walters Indonesia kembali merilis temuannya soal kondisi perekrutan dalam buku panduannya berjudul "Grow Your Talent: Hire Based on Potential" hari ini, Rabu (30/10/2019).

Hasil survei menunjukkan, mempekerjakan kandidat berpotensi baik lebih berdampak bagus secara jangka panjang ketimbang kandidat yang berpengalaman dan memiliki banyak keterampilan.

Sebanyak 94 persen dari manajer perekrutan di Asia Tenggara mengakui, karyawan yang dipekerjakan berdasarkan potensi telah menjadi karyawan berkualitas di perusahaan.

Selain itu, ada banyak manfaat yang ditemukan saat seorang manajer perekrutan merekrut kandidat berdasarkan potensi, salah satunya lebih hemat waktu karena menemukan kandidat secara lebih cepat.

Baca juga: Lebih Baik Mana, Karyawan Berpotensi Atau Karyawan Berpengalaman?

"Mempekerjakan seseorang dengan menilai berdasarkan potensinya akan memungkinkan perusahaan untuk menemukan kandidat secara lebih cepat, karena perusahaan akan memiliki lebih banyak pilihan calon kandidat," kata Country Manajer Robert Walters Indonesia Eric Mary di Jakarta, Rabu (30/10/2019).

Untuk menelisik lebih jauh lagi, berikut ini manfaat merekrut karyawan profesional berdasarkan potensial menurut survei Robert Walters Indonesia.

1. Mengisi Posisi Kosong Lebih Cepat

Seperti dijelaskan sebelumnya, merekrut profesional berdasarkan potensinya akan menghemat waktu.

Faktanya, butuh berbulan-bulan untuk menemukan kandidat yang cocok dengan deskripsi pekerjaan. Belum lagi mereka akan memasang gaji tinggu seiring meningkatnya manajer perekrutan mencari mereka.

Alih-alih mencari kandidat dengan persediaan yang terbatas, lebih baik Anda menciptakan calon-calon itu. Caranya dengan merekrut kandidat potensial.

Meskipun awalnya mereka mungkin tidak dapat mencapai titik awal dan memerlukan dukungan tambahan, kesediaan mereka untuk belajar akan membantunya meningkat dengan cepat.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X