Kompas.com - 30/10/2019, 17:30 WIB
Penulis Mutia Fauzia
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mengaku sedang berupaya untuk mengurangi laju impor. Terutama untuk produk-produk yang ada barang penggantinya di dalam negeri.

Hal itu ia sampaikan ketika ditemui di Kantor Kementerian Koodinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Rabu (30/10/2019).

"Begini, impor itu dikurangi dengan catatan ada subtitusi. Tujuan impor kan mengisi kekosongan. Ya jadi kami akan selektif dengan impor artinya gini impor akan dievaluasi apabila ada subtitusi akan kami kurangi," ujarnya.

Baca juga: Siapa Kandidat Kuat Dirut Baru Bank Mandiri?

Upaya mengurangi impor itu ucapnya, dilakukan seiring upaya menggenjot kinerja ekspor yang belakangan melemah.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, nilai ekspor sepanjang September 2019 hanya 14,1 miliar dollar AS, lebih rendah 1,29 persen dibandingkan Agustus 2019 yang sebesar 14,28 miliar dollar AS.

Adapun pada Agustus 2019, kinerja ekspor pun merosot hingga 7,6 persen menjadi 14,28 miliar dollar AS dibandingkan bulan sebelumnya.

Untuk mengantisipasi hal tersebut berlanjut, Agus mengatakan dirinya sedang melakukan konsolidasi di tingkat kementerian dan juga melakukan sinergi dengan kementerian lain.

Baca juga: Menpan RB Soal Pegawai KPK Jadi ASN: Ada Proses Seleksi Dong...

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.