Gandeng Gojek, Teten Masduki Siapkan Pembiayaan Baru Bagi UMKM

Kompas.com - 30/10/2019, 18:24 WIB
Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki sebelum pelantikan menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/10/2019). Presiden RI Joko Widodo mengumumkan dan melantik Menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju serta pejabat setingkat menteri. KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMOMenteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki sebelum pelantikan menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/10/2019). Presiden RI Joko Widodo mengumumkan dan melantik Menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju serta pejabat setingkat menteri.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Menkop UMKM) Teten Masduki menyiapkan pembiayaan baru bagi UMKM.

Salah satunya adalah dengan membentuk pola kemitraan dengan industri besar. Kemitraan tersebut aman dihubungkan dengan bentuk kluster sektor UMKM.

"Kemenkop dan UMKM sedang merancang bentuk bisnis model kemitraan antara UMKM dalam kluster untuk bermitra dengan usaha besar," ujar Teten usai rapat terbatas di Kantor Presiden, seperti dikutip dari Kontan.co.id, Rabu (30/10/2019).

Salah satu yang diajak bertindak sebagai aviliasi adalah Gojek. Teten bilang meminta perusahaan teknologi dan informasi tersebut untuk menjadi mitra bagi UMKM.

Baca juga: Kemenkop Berencana Permudah UMKM Mitra Gojek Dapatkan KUR

Teten pun menambahkan bahwa Gojek telah bersedia menjadi mitra bagi UMKM. Asal tahu saja, selama ini pun Gojek dinilai telah membantu UMKM memperluas pasarnya.

Setelah Gojek, Teten juga akan merangkul mitra usaha UMKM lain seperti Tokopedia, Blibli, dan Bukalapak. Tidak hanya toko online, kemitraan juga bisa dilakukan dengan industri ritel dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

"Dari sisi regulasi, keuangan, dan penjaminan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sudah siap. Mestinya 2020 sudah bisa jalan," terang Teten.

Skema pembiayaan baru dibutuhkan akibat minimnya serapan Kredit Usaha Rakyat (KUR). Masih banyak UMKM yang dinilai sulit mengakses KUR.

Selain itu KUR pun hanya bersifat jangka pendek yang digunakan untuk modal kerja. Padahal UMKM membutuhkan modal investasi agar usaha yang dilakukan bisa berkembang. (Abdul Basith)

Baca juga: Ingin UMKM Go Digital dan Naik Kelas, Menteri Teten Panggil Gojek

 

Artikel ini telat tayang di Kontan.co.id dengan judul: Menteri Koperasi dan UMKM siapkan skema pembiayaan dengan menggandeng Gojek

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X