Begini Cara Lihat Kandidat Berpotensi saat Wawancara Kerja

Kompas.com - 31/10/2019, 08:05 WIB
Ilustrasi wawancara kerja DragonImagesIlustrasi wawancara kerja

JAKARTA, KOMPAS.com - Wawancara merupakan hal yang krusial dalam penerimaan kerja, baik bagi kandidat maupun manajer perekrutan itu sendiri.

Dalam wawancara yang biasanya berlangsung selama 30-120 menit, manajer perekrutan dituntut untuk mengetahui potensi dari para kandidat tersebut.

Untuk memudahkannya, berikut ini cara melihat kandidat potensial saat wawancara kerja, yang merupakan kesimpulan survei Robert Walters Indonesia berjudul "Grow Your Talent: Hire Based on Potential" dari beberapa responden yang telah sukses merekrut kandidat berdasarkan potensinya.

1. Terbuka, Jujur, dan Transparan

Bila kandidat yang Anda wawancarai memang tidak sesuai, katakanlah hal itu secara jelas. Sebab, jika Anda tidak terbuka, mereka mungkin belum mengetahui mereka tidak cocok di perusahaan Anda.

"Baiknya, pastikan semua orang memiliki harapan yang sama tentang peran mereka sejak awal," kata Country Manajer Robert Walters Indonesia Eric Mary di Jakarta, Rabu (30/10/2019).

Baca juga : Simak, 5 Pertanyaan Tersulit saat Wawancara Kerja dan Cara Jawabnya

Manajer perekrutan harus jujur membiarkan kandidat mengetahui apa yang sebenarnya terjadi. Selain itu, hendaknya berikan mereka kesempatan berdasarkan potensinya masing-masing.

"Jika kandidat terus menunjukkan minat pada peran tersebut, itu adalah tanda komitmen dan ketahanan. Dua sifat itulah yang diperlukan agar perekrutan kandidat berpotensi bisa berhasil," ujar Eric.

2. Pelajari bagaimana kandidat belajar

Belajar akan menjadi bagian besar dari pekerjaan mereka sebagai seorang karyawan yang dipekerjakan berdasarkan potensinya.

Ketika Anda bertanya kepada mereka tentang pengalaman, cari tahu bagaimana mereka menavigasi tantangan. Cari tahu pula bagaimana mereka bisa melakukan lebih baik.

"Mendengar jawaban mereka akan memberikan Anda wawasan dan pengetahuan bagaimana mereka berkomunikasi dengan orang lain sekaligus kemampuannya untuk tumbuh dari pengalaman," ucap Eric.

3. Tonton cara kandidat bereaksi saat di bawah tekanan

Mengetahui reaksi maupun tindakan kandidat saat di bawah tekanan sangat penting bagi perusahaan maupun kandidat itu sendiri.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X