Menko Perekonomian Hadiri Pertemuan Dewan Masyarakat Ekonomi ASEAN

Kompas.com - 31/10/2019, 15:21 WIB
Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto, memimpin delegasi Indonesia pada pertemuan ASEAN Economic Community (AEC) Council atau Dewan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) di Bangkok, Thailang, Kamis (31/10/2019).
Dok. Kemenko PerekonomianMenko Perekonomian, Airlangga Hartarto, memimpin delegasi Indonesia pada pertemuan ASEAN Economic Community (AEC) Council atau Dewan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) di Bangkok, Thailang, Kamis (31/10/2019).

KOMPAS.com - Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto, memimpin delegasi Indonesia pada pertemuan ASEAN Economic Community (AEC) Council atau Dewan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), Kamis (31/10/2019).

Dalam pertemuan yang berlangsung di Impact Exhibition and Convention Centre, Bangkok, Thailand, Airlangga didampingi Menteri Perdagangan, Agus Suparmanto.

Pertemuan itu mendahului rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-35 yang akan berlangsung 2 hingga 4 November 2019 di tempat yang sama.

Empat hal utama yang dibahas dalam pertemuan itu yakni tingkat implementasi prioritas tahunan MEA, pelaksanaan Mid Term Review (MTR) Cetak Biru MEA, kerangka kerja badan-badan sektoral di bawah Dewan MEA, revolusi industri 4.0.

Baca juga: Sektor Industri Paling Siap Terapkan Industri 4.0, Ini Urutannya

Menko Perekonomian selaku Ketua Dewan MEA Indonesia menyampaikan Tema Keketuaan ASEAN 2019 adalah Advancing Partnership for Sustainability, yang mengangkat isu-isu penting di antaranya ekonomi digital dan revolusi industri 4.0.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Airlangga, tema tersebut sejalan dengan prioritas Indonesia, sehingga diharapkan mampu mendongkrak pertumbuhan Ekonomi.

Ia juga menyambut baik penyelesaian 10 dari 13 prioritas Keketuaan Thailand 2019 dan mendorong penyelesaian 3 prioritas yang tersisa tahun ini.

“Utamanya, live operation pertukaran ATIGA e-Form D melalui ASW, guna memperlancar perdagangan intra ASEAN,” kata Airlangga dalam pernyataan tertulis, Kamis (31/10/2019).

Baca juga: 4 Bank Sentral ASEAN Dorong Perdagangan dengan Mata Uang Lokal

Ketua Dewan MEA Indonesia mengapresiasi tingkat implementasi kolektif dari 171 prioritas tahunan ASEAN 2019 hingga saat ini adalah 93 prioritas atau 54,4 persen.

Sementara itu, Indonesia telah menyelesaikan 103 prioritas atau 61 persen. Secara kolektif, imbuh dia, ASEAN diperkirakan dapat menyelesaikan sekitar 91,2 persen prioritas tahun ini.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.