Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Permudah Buruh Migran, Platform Remitansi RemitPro Gandeng BKK Jateng

Kompas.com - 31/10/2019, 22:03 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Platform remitansi RemitPro, produk dari PT Reyhan Putra Mandiri yang merupakan bagian dari Digiasia Bios menjalin kerja sama dengan PT Badan Kredit Kecamatan Jawa Tengah (BKK Jateng) untuk nasabah yang ingin melakukan pengiriman maupun pencairan uang dari dalam maupun luar negeri.

Chief of Money Transfer RemitPro Arman Bhariadi mengatakan kerja sama ini untuk membantu memfasilitasi masyarakat menuju kehidupan yang lebih sejahtera. Nantinya, Buruh Migran Indonesia (BMI) yang ingin mengirimkan dana dari luar negeri ataupun domestik bisa melalui BKK Jateng.

“Dengan adanya kerja sama ini nasabah dari BKK Jateng dapat melakukan pengiriman dana dari BKK Jateng ke seluruh rekening bank umum di Indonesia secara online dan juga pengiriman yang diterima secara tunai di BKK Jateng,” ujar Arman dalam pernyataannya, Kamis (31/10/2019).

Arman menambahkan, hal ini selaras dengan rencana perusahaan untuk terus mengembangkan usahanya ke seluruh Indonesia.

Baca juga: BRI Optimis Bisa Naikan Transaksi Remitansi Hingga 7,7 Juta Kali

Ke depan, nasabah BKK Jateng dapat melakukan pengiriman dana ke luar negeri dengan tujuan rekening bank serta diterima tunai. 

Hal ini tentunya harus diketahui dan disetujui oleh Bank Indonesia (BI) dan OJK, serta mitra RemitPro untuk mengirimkan uang keluar negeri. 

“Kami juga akan mendukung BKK Jateng dengan layanan pengiriman uang secara mobile sehingga semakin memudahkan masyarakat dalam bertransaksi,” katanya.

Untuk tahun pertama, RemitPro menargetkan 10 persen dari nasabah BKK Jateng menggunakan layanan transfer dana. Selanjutnya, tahun kedua sebesar 20 persen, dan tahun berikutnya sebanyak 30 persen nasabah BKK Jateng menggunakan layanan tersebut. 

Kerja sama RemitPro dan BKK Jateng terkait remitansi.Dok. Remitpro Kerja sama RemitPro dan BKK Jateng terkait remitansi.

Jumlah dana yang disalurkan melalui BKK Jateng dalam tiga tahun ditargetkan mencapai Rp 210 miliar.

“Kami harapkan dengan adanya kerja sama ini dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi masyarakat yang ingin melakukan pengiriman maupun pencairan dana,” jelas Arman.

Baca juga: PayTren Hadirkan Layanan Remitansi untuk TKI

Hingga Oktober 2019, RemitPro menyalurkan dana kiriman dari luar negeri sebesar Rp 210 miliar. Diharapkan hingga akhir tahun dapat mencapai Rp 280 miliar atau 93 persen dari target tahun ini yang dipatok Rp 300 miliar. 

Tahun ini, RemitPro menargetkan kerja sama dengan 15 Bank Perkreditan Rakyat (BPR).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com