3 Kesalahan Fatal Pemegang Kartu Kredit

Kompas.com - 03/11/2019, 12:15 WIB
Ilustrasi kartu kredit ShutterstockIlustrasi kartu kredit
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Bagi sebagian orang, memiliki kartu kredit merupakan suatu bentuk keberuntungan tersendiri. Selain memudahkan dalam melakukan cicilan, sudah pastilah beberapa toko atau merchant menawarkan promo, diskon dan reward khusus bagi pemegang kartu kredit tertentu.

Meski demikian, tahukah Anda bahwa sebenarnya memiliki kartu kredit menunjukkan perilaku finansial Anda. Ada beberapa prilaku finansial yang dinilai cukup fatal dalam penggunaan kartu kredit yang perlu Anda ketahui agar tidak berakhir merugikan.

Melansir laman CNBC, Minggu (3/11/2019), terdapat tiga kesalahan dalam menggunakan kartu kredit. Berikut 3 kesalahan tersebut:

1. Melakukan pembayaran minimum

Salah satu hal yang paling menggoda sebagai pengguna kartu kredit adalah melakukan pembayaran minimum (minimum payment) atas jumlah tagihan yang diberikan kepada Anda. Memang melakukan pembayaran minimum adalah hal yang menggiurkan, karena Anda dapat mengalokasikan dana Anda untuk kebutuhan lainnya.

 Baca juga: Lelang Online 8 Mobil Sitaan Kantor Pajak, Uang Jaminan Mulai Rp 7 Juta

Menurut Priya Malani, pendiri dan CEO Stash Wealth, dengan membayar pembayaran minimum setiap bulannya, dapat meningkatkan bunga dan hutang Anda.

“Jika Anda tidak dapat membayar tagihan secara penuh, tingkat bunga pada saldo mungkin lebih tinggi daripada biaya pembelian,” katanya.

Misalkan saja bunga kartu kredit Anda 2,95 persen, lalu total utang atau kredit Anda secara akumulatif adalah Rp 1 juta. Anda kemudian memilih minimum payment atau 10 persen dari total tagihan Anda yakni Rp 100.000. Jika di bulan selanjutnya Anda tidak memiliki transaksi maka sisa pembayaran Anda adalah Rp 900.000 ditambah dengan bunga sebesar Rp 26.550.

2. Tergoda promo spesial merchant

Setiap kartu kredit memiliki promo-promo yang manarik di setiap merchant yang bekerja sama. Namun bunga yang ditetapkan oleh merchant umumnya adalah bunga yang ditangguhkan. Artinya Anda harus melunasi kredit sebelum masa promo berakhir.

“Opsi pembiayaan khusus tersedia untuk batasan kredit yang ditetapkan jika membayar lunas pada tenor yang telah ditentukan. Namun, bunga akan dimasukkan ke dalam tagihan Anda jika pembayaran tidak dilunasi selama periode promo,” ungkap penyedia layanan kartu kredit Amazon.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber CNBC
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X