Cara Pandang Anda terhadap Uang Benar atau Salah? Cek di Sini

Kompas.com - 04/11/2019, 07:14 WIB
ilustrasi uang dalam amplop. Thinkstockilustrasi uang dalam amplop.

KOMPAS.com - Punya banyak uang memang sangat menyenangkan. Mau beli ini dan itu, makan di sana-sini, tak perlu pusing memikirkan semuanya. Dengan uang, orang bisa mendapatkan apapun yang diinginkan hari ini dan di detik ini pula.

Tetapi perlu diingat, ternyata banyak uang tak selalu menjamin kebahagiaan. Apabila cara pandang Anda terhadap uang salah, maka uang hanya akan membawa bencana bagi hidup.

Uang yang tadinya banyak perlahan-lahan akan habis hingga akhirnya tak punya apa-apa lagi untuk dibanggakan. Pastinya, Anda tak mau hal ini sampai terjadi, bukan?

Maka dari itu, segera ubah cara pandang terhadap uang. Tapi, apakah Anda sendiri sudah menyadari bagaimana cara Anda melihat uang? Benar atau salah cara Anda melihat uang, coba cek tanda berikut ini seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Menjadikan Uang sebagai Alasan untuk Hidup Boros

Seseorang yang jarang memegang uang banyak kemungkinan besar akan kaget saat dia diberikan banyak uang. Perasaan kaget inilah yang membuat seseorang tidak berpikir panjang saat menggunakan uang.

Apa yang ada di depan mata, langsung saja dibeli selagi mempunyai uang. Apakah Anda termasuk orang yang demikian? Jika ya, cobalah untuk segera berubah.

Anda tidak boleh menjadikan uang sebagai alasan untuk hidup boros. Apapun ceritanya, Anda harus bisa berhemat karena masih ada pengeluaran untuk hari esok.

2. Pemasukan Tak Sesuai dengan Pengeluaran

‘Pasak lebih besar daripada tiang’ dialami banyak orang. Hal ini terjadi karena seseorang lupa atau bahkan mengabaikan yang namanya anggaran belanja.

Padahal anggaran inilah yang dapat membantu seseorang untuk berhemat setiap bulan. Membuat anggaran memang tak mudah, Anda harus meluangkan sebagian waktu untuk membuat anggaran yang paling tepat.

Tapi, tidak ada salahnya untuk dicoba. Toh, Anda juga sudah tahu jenis pengeluaran yang terjadi secara rutin setiap bulannya.

Baca Juga: Cara Melihat Kepribadian dari Memperlakukan Uang, yang Manakah Anda?

3. Beranggapan bahwa Kartu Kredit adalah Segalanya

Kartu kredit memberi banyak kemudahan, terutama dalam hal transaksi. Tetapi banyak yang menganggap kartu kredit sebagai sumber pemasukan, sehingga muncul dorongan untuk menggesek kartu tanpa memikirkan dampak dari tindakannya kala itu.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X