Menteri Perdagangan AS Yakinkan Lisensi Huawei Diberikan dalam Waktu Dekat

Kompas.com - 04/11/2019, 08:33 WIB
Logo Huawei. Gambar diambil pada 18 September 2019. KOMPAS.com/PALUPI ANNISA AULIANILogo Huawei. Gambar diambil pada 18 September 2019.

JAKARTA, KOMPAS.com – Setelah sebelumnya AS melarang puluhan perusahaan asal China termasuk Huawei untuk memiliki lisensi usaha, kini Presiden AS Donald Trump memberikan lampu hijau untuk perusahaan China terpilih bisa memiliki lisensi di AS.

Menteri Perdagangan AS, Wilbur Ross mengatakan lisensi untuk perusahaan Huawei akan selesai dalam waktu dekat ini, atau diasumsikan tidak sampai dengan akhir tahun 2019.

Sebelumnya pada Mei 2019 lalu, Trump melarang Huawei dan puluhan perusahaan China lainnya memiliki lisensi di Departemen Perdagangan AS menyusul kekhawatiran keamanan nasional.

Baca juga : Trump Akhirnya Izinkan Perusahaan AS Pasok Komponen ke Huawei

Bulan lalu, Trump memberikan lampu hijau untuk mulai menyetujui lisensi beberapa perusahaan China terpilih.

"Kami (AS dan China) dalam kondisi yang baik, kami membuat kemajuan yang baik, dan tidak ada alasan mengapa. Tapi itu (perusahaan China) akan sedikit,”kata Wilbur Ross, seperti dikutip dari CNBC, Senin (4/11).

Usai pembatalan KTT Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik bulan November 2019 di Chili akibat protes, Ross mengatakan kesepakatan antara Presiden Donald Trump dan Xi Jinping akan ditandatangani di beberapa kawasan tertentu. Misalkan saja, Iowa, Alaska, Hawaii atau di salah satu lokasi di China.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Adapun pencapaian tonggak sejarah pertama dalam fase perjanjian perdagangan Amerika Serikat dan China berhasil disepakati bulan lalu. Ini meliputi pemutusan kenaikan tarif dan China membeli produk pertanian A.S.

Sementara itu, Trump mengatakan bahwa kesepakatan perdagangan fase satu ini akan mewakili 60 persen dari perjanjian jangka panjang kedua negara. Sayangnya China dikabarkan ragu untuk mencapai kesepakatan perdagangan komprehensif jangka panjang ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.