Stop Merokok dan Amankan Finansialmu Sekarang!

Kompas.com - 04/11/2019, 13:30 WIB
Ilustrasi rokok ShutterstockIlustrasi rokok

JAKARTA, KOMPAS.com - Seperti diketahui bahwa pemerintah berencana bakal menaikkan cukai rokok sebesar 23 persen dan harga eceran rokok sebesar 35 persen tahun 2020 mendatang.

Pastinya bagi perokok, tentu kenaikan tersebut akan mempengaruhi pada keuangan bukan.

Tahukah kamu, jika mengurangi candu rokok yang biasanya per hari bisa membeli dua atau tiga bungkus ketika berhenti atau porsi merokoknya berkurang akan terasa pada kondisi keuanganmu?

Misalnya, jika pecandu rokok memiliki kebiasaan mengeluarkan uang per hari Rp 40.000 hingga Rp 50.000 untuk pembelian dua bungkus, maka total pengeluarannya bisa mencapai kisaran Rp 1,5 juta.

Jika kamu telah merokok selama 5-10 tahun, total biaya pengeluaranmu selama lima tahun untuk membeli rokok saja mencapai Rp 90 juta.

Baca juga: Cukai Rokok Bakal Naik, Bagaimana Dampaknya terhadap Inflasi?

Padahal, bila kamu berhenti merokok, uang tersebut bisa digunakan untuk mencicil beli rumah. Mengutip dari Supermoney.com dan Smokefree.org.nz, Senin (4/11/2019), ada beberapa manfaat ketika kamu stop merokok, antara lain sebagai berikut.

1. Biaya Kesehatan yang Lebih Rendah

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), asap tembakau mengandung koktail mematikan lebih dari 7.000 bahan kimia dan senyawa kimia, banyak di antaranya beracun, dan sekitar 70 menyebabkan kanker.

Tembakau membunuh 443.000 orang setiap tahun.

Angka ini melebihi dari orang yang meninggal karena HIV, kecelakaan mobil, penyalahgunaan alkohol, obat-obatan terlarang, dan bunuh diri.

Untuk setiap orang yang meninggal karena penyakit yang berhubungan dengan tembakau, 20 orang lagi hidup dengan penyakit yang berhubungan dengan merokok.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X