KILAS

Bisnis Digital Meningkat, Laba Bersih Telkom Naik 15,6 Persen

Kompas.com - 04/11/2019, 13:52 WIB
Direktur Keuangan Telkom Harry M. Zen (tengah), Direktur Keuangan Telkomsel Heri Supriadi (kedua dari kanan), Vice President Investor Relation Telkom Andi Setiawan (kedua dari kiri), Senior Vice President Financial Planning, Analysis & Business Partner Telkomsel Doni Andriansyah (paling kanan) dan Vice President Corporate Communication Telkom Arif Prabowo (paling kiri) saat jumpa pers usai acara Public Expose Live 2019 di Jakarta, Senin (19/8).

Dok. Telkom IndonesiaDirektur Keuangan Telkom Harry M. Zen (tengah), Direktur Keuangan Telkomsel Heri Supriadi (kedua dari kanan), Vice President Investor Relation Telkom Andi Setiawan (kedua dari kiri), Senior Vice President Financial Planning, Analysis & Business Partner Telkomsel Doni Andriansyah (paling kanan) dan Vice President Corporate Communication Telkom Arif Prabowo (paling kiri) saat jumpa pers usai acara Public Expose Live 2019 di Jakarta, Senin (19/8).

KOMPAS.com - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) mencatatkan laba bersih 15,6 persen atau naik 3,5 persen sebesar 16,5 triliun dari periode sebelumnya senilai Rp 102, 6 triliun.

Sementara itu, Earnings Before Interest Tax Depreciation Amortization (EBITDA) juga mengalami kenaikan sebesar 11,4 persen Year over Year (YoY) menjadi Rp 50,0 triliun.

Dari peningkatan laba bersih itu, Telkom membukukan pendapatan hingga kuartal III/2019 sebesar Rp102,6 triliun. Pendapatan ini meningkat 3,5 persen dari periode yang sama tahun. 

Capaian tersebut diraih dari meningkatnya pendapatan Telkom dari sektor bisnis Data, Internet dan IT Service serta anak perusahaannya, Telkomsel.

Direktur Keuangan Telkom Harry M. Zen mengatakan pada kuartal ketiga 2019 perusahaannya konsisten menunjukkan kinerja yang tetap sehat.

Baca juga: Kemajuan Teknologi, Ini Langkah Digitalisasi Telkom

Ini karena selain mencatatkan pertumbuhan laba bersih, biaya operasional pun menurun hingga 3,1 persen.

“Hal ini tidak lepas dari bisnis digital yang terus menunjukkan performa positif, sejalan dengan fokus utama perusahaan dalam mengembangkan bisnis dan layanan digital ke depannya,” ujar Harry.

Dalam keterangan tertulisnya, Telkom menjelaskan, bisnis digital dari Data, Internet dan IT Service berhasil menyumbang 59,1 persen dari total pendapatan Perseroan.

Pendapatan itu naik 17,8 persen dibanding periode yang sama tahun lalu menjadi Rp 60,6 triliun.

Baca juga: Telkom Siapkan Bukittinggi Jadi Smart City

Telkomsel sendiri berhasil mencatatkan performa positif dengan pendapatan Rp 68,3 triliun, sementara EBITDA margin Telkomsel tercatat relatif stabil sebesar 53,8 persen.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X