KILAS

Literasi Keuangan Sejak Dini Sama Pentingnya dengan Pendidikan Formal

Kompas.com - 04/11/2019, 16:26 WIB
Bank BRI Dok. Bank BRIBank BRI

KOMPAS.com – Generasi muda perlu dibekali pengetahuan seputar mengatur keuangan agar hidup mereka aman dan terencana.

Literasi keuangan sejak dini memiliki peran sama pentingnya dengan pendidikan formal,” ujar Corporate Secretary Bank BRI, Hari Purnomo menurut keterangan tertulis (4/11/2019).

Ia melanjutkan, mengenalkan anak tentang pentingnya pengelolaan keuangan bisa membentengi mereka saat dewasa nanti agar terbiasa menggunakan layanan keuangan dan memanfaatkannya dengan optimal.

Baca juga: Gandeng KKP, BRI Ingin Tingkatkan Literasi Keuangan Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan

“Tanpa bekal pengetahuan yang cukup, dikhawatirkan mereka akan menggunakan uangnya untuk kegiatan konsumtif saja,” imbuh Hari.

Menurut Corporate Secretary Bank BRI itu, literasi keuangan sama pentingnya dengan pendidikan Science, Technology, Engineering, dan Mathematics (STEM) yang banyak diajarkan di sekolah.

Manfaat lain literasi keuangan bagi anak

Manfaat lain literasi keuangan bagi anak, imbuh dia, adalah menanamkan kebiasaan finansial yang baik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Anak-anak yang memiliki cukup pemahaman pengelolaan keuangan cenderung menyimpan dan menggunakan uang dengan bijak sepanjang hidupnya,” kata Hari.

Ia melanjutkan, literasi keuangan akan bermanfaat bagi si anak itu sepanjang hidupnya sampai ia tua nanti.

Pihaknya pun telah menyiapkan opsi bernama Junio Smart, layanan untuk mendukung ekosistem layanan keuangan dunia pendidikan yang bisa digunakan secara gratis oleh pihak sekolah.

Baca juga: BRI Gelar Literasi Keuangan bagi Pekerja Migran Indonesia di Taiwan

Junio Smart merupakan sebuah layanan platform aplikasi yang secara gratis bisa digunakan lembagain, institusi pendidikan, yayasan, dan sekolah dalam rangka pengelolaan manajemen sekolah.

“Layanan itu meliputi pengelolaan administrasi, informasi, dan finansial yang mengintegrasikan para pihak dalam sekolah seperti guru, siswa, dan orang tua dalam satu platform aplikasi,” kata Hari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.