Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fintech KoinWorks Raih Pendanaan Rp 190 Miliar dari Jepang

Kompas.com - 04/11/2019, 18:13 WIB
Rina Ayu Larasati,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Fintech peer to peer lending KoinWorks mendapatkan pendanaan sebesar 18,5 juta dollar AS atau setara dengan Rp 190 miliar melalui pendanaan Seri B dan Seri B2.

Pendanaan terbaru ini akan difokuskan untuk mengembangkan produk finansial agar dapat membantu UKM digital maupun social commerce (pelaku UKM yang memanfaatkan media sosial dalam menjalankan bisnisnya) dalam mengakses pembiayaan untuk kebutuhan perkembangan bisnisnya.

“Sebesar 65 persen Produk Domestik Bruto Indonesia disumbang dari para pelaku UKM dan sebesar 92 persen UKM di Indonesia telah memanfaatkan jaringan sosial dalam menjalankan bisnisnya. Hal ini membuat ekonomi digital RI menjadi yang tertinggi di kawasan Asia Tenggara," kata CEO & Co-Founder KoinWorks Benedicto Haryono melalui keterangannya, Senin (4/11/2019).

"Ironinya, masih banyak para pelaku social commerce terkendala saat mendapatkan akses pembiayaan untuk pengembangan bisnis karena kurangnya kelengkapan dokumen, agunan, dan kelayakan bisnis dimata institusi finansial konvensional," sebutnya.

Baca juga: KoinWorks Raih Pendanaan Seri B Sebesar Rp 170 Miliar

Pendanaan diberikan olah Saison Capital yang merupakan perusahaan modal ventura milik salah satu perusahaan layanan keuangan terbesar di Jepang, yakni Credit Saison.

KoinWorks menjadi portofolio pertama Saison Capital di Indonesia yang diyakini dapat memberikan layanan finansial bagi pelaku usaha unbanked and underbanked.

Diketahui salah satu fokus pemerintah adalah memperkuat ekonomi digital RI dan menjadikan RI sebagai negara maju di tahun 2045 mendatang.

“KoinWorks bersedia menunjukkan komitmen yang seiring dengan fokus Pemerintahan RI. Dengan mendukung perkembangan kemudahan layanan keuangan terhadap UKM digital yang terus berkembang dan akan menjadi kontributor PDB terbesar di Indonesia,” ucap Executive Chairman & Co-Founder KoinWorks Willy Arifin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com