Dipecat karena "Affair," CEO McDonald's Dapat Saham Rp 519,2 Miliar

Kompas.com - 05/11/2019, 10:00 WIB
Ilustrasi McDonalds drive-thru. SHUTTERSTOCKIlustrasi McDonalds drive-thru.

NEW YORK, KOMPAS.com - Mantan Chief Executive Officer ( CEO) McDonald's Stephen Easterbrook yang dipecat karena memiliki affair dengan karyawan diizinkan oleh perusahaan untuk menyimpan saham senilai lebih dari 37 juta dollar AS atau sekira Rp 519,2 miliar.

Easterbrook juga memperoleh pesangon dan tunjangan asuransi kesehatan senilai 675.000 dollar AS.

Seperti dikutip dari Bloomberg, Selasa (5/11/2019), Easterbrook bakal mendapatkan dana saham yang tidak diinvestasikan sekitar 23,5 juta dollar AS juga bakal mendapatkan hibah saham terbatas yang bergantung pada kinerja perusahaan senilai 13,8 juta dollar AS.

Easterbrook juga berhak atas bonus kinerjanya untuk tahun fiskal 2019.

Sebagai infromasi, sebelumnya jajaran pimpinan McDonald's melakukan voting pada Jumat (1/11/2019) untuk memecat Easterbrook.

Baca juga: CEO McDonalds Dipecat akibat Affair dengan Karyawan

Hal tersebut dilakukan setelah mereka sebelumnya telah melakukan investigasi mengenai hubungan antara Easterbrook dan karyawannya yang diakui oleh kedua belah pihak, tetapi melanggar kebijakan perusahaan.

Pihak perusahaan mengatakan, pemecatan tersebut masuk kategori tanpa sebab sehingga pelanggaran yang dilakukan dinilai tidak cukup parah. Hal tersebut membuat Easterbrook masih berhak mendapat pesangon juga asuransi kesehatan yang berlanjut selama 18 bulan ke depan.

Namun demikian, tidak semua CEO yang mengalami pemecatan mendapat pesangon.

Brian Krzanich yang dipecat oleh Intel tahun lalu karena kasus yang sama harus merelakan saham yang dia miliki senilai puluhan juta dollar AS dan tidak menerima pesangon apa pun.

Sebagai bagian dari perjanjian pemecatannya, Easterbrook berjanji untuk bekerja sama dengan perusahaan dalam penyelidikan dan masalah hukum pada masa depan, dan untuk menahan diri dari bekerja untuk pesaing selama dua tahun ke depan.

Baca juga: McDonalds Caplok Startup Teknologi AI, Buat Apa?

Pengganti Easterbrook, Chris Kempczinski, bekerja untuk McDonald's dengan gaji 1,25 juta dan bonus target tahunan 2,13 juta dollar AS.

Namun, tidak dirinci mengenai kompensasi insentif jangka panjang, yang merupakan paket pembayaran CEO. Adapun gaji tahunan Easterbrook adalah 1,35 juta dollar AS.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber Bloomberg
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X