IHSG Dibuka Menguat, Didorong Sentimen Negosiasi Dagang

Kompas.com - 05/11/2019, 11:01 WIB
Ilustrasi pergerakan harga saham THINKSTOCKSIlustrasi pergerakan harga saham

JAKARTA, KOMPAS.com – Indeks Harga Saham Gabungan ( IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada pagi ini, Selasa (5/11/2019) menunjukkan penguatan.

Pada pukul 09:56 WIB, IHSG dibuka 6.204 per saham dan langsung melesat 0,4 persen dengan penguatan 29 poin ke angka 6.209 per saham.

Ekonom Bank Permata Josua Pardede menyebutkan bahwa sentiment postif yang dihasilkan dari negosiasi dagang antara Amerika dan China memberikan dampak yang positif.

Ditambah lagi pernyataan Menteri Perdagangan AS, Wilbur Ross yang menyebut bahwa lisensi atau izin perdangan untuk Huawei dan beberapa produk China kan direalisasikan dalam waktu dekat.

“Bahwa Amerika akan memberikan izin atau lisensi penjualan produk Huawei dan beberapa produk lainnya. Sehingga ini akhirnya agak mengurangi tensi perang dagang antara AS dan China. Dalam waktu dekat ini juga keduanya mempunyai agenda pertemuan lanjutan,” kata Josua kepada KOMPAS.com, Selasa.

Baca juga: Sempat Meroket, IHSG Kembali ke Zona Merah

Selanjutnya Josua juga menyebutkan bahwa pernyataan Ross membuat perdagangan saham Amerika Serikat kemarin ditutup menguat yang sekaligus berdampak pada saham-saham di Asia.

“Optimisme ini membuat saham-saham AS turus berimbas dimana pagi ini IHSG mendapatkan peluang positif pasar.

Josua menjabarkan bahwa tak hanya saham saja yang menunjukkan penguatan. Pasar obligasi dalam beberapa waktu terakhir ini juga menunjukkan penguatannya. Bahkan imbal hasil obligasi pemerintah selam 10 tahun sudah dibawah 7 persen.

“Jadi itu menjadi salah satu indikasi bahwa sentimen resikonya membaik dengan adanya trade negotiation AS dan China,” tambahnya.

Saham-saham Asia seluruhnya menghijau seiring sentiment positif dari negosiasi perang dagang. Indeks Nikkei Tokyo tercatat menguat 1,5 persen sebanyak 342 poin menjadi 23.193 per saham. Indeks Hang Seng Hong Kong menguat 0,23 persen sebesar 63 poin ke angka 27.610 per saham.

Baca juga: Memanfaatkan Bulan Baik Investasi Reksa Dana Saham

Indeks Shanghai Composite juga menghijau 0,39 persen atau 11 poin ke angka 2.987 per saham. Strait Times Indeks Singapura menguat 0,29 persen ke angka 3.245 per saham atau sebesar 9 poin. Indonesia Composite Index menguat 27 poin atau 0,4 persen ke angka 6.207. Selanjutnya untuk deretan saham unggulan LQ 45 menguat 0,6 persen sebesar 6 poin di angka 982 per saham.

Josua memprediksi pergerakan IHSG dalam perdangan hari ini akan bergerak di rentang 6.190 per saham sampai dengan 6.250 per saham. (KII)

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X