Kompas.com - 05/11/2019, 11:13 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kurs rupiah pagi ini dibuka menguat di pasar spot, Selasa (5/11/2019).

Pada pukul 10.25 WIB, rupiah berada pada posisi Rp 14.015 per dollar AS atau menguat 13 poin atau 0,09 persen. Sedangkan pada pembukaannya, rupiah berada di angka Rp 14.028 per dollar AS.

Ekonom Bank Permata Josua Pardede menyebutkan bahwa efek penguatan IHSG pagi ini memberikan sentiment positif terhadap pergerakan rupiah. Selain itu rilis data ekonomi AS sebelumnya yang tidak sesuai dengan ekspektasi membuat dollar tertekan dan imbasnya rupiah bisa menguat.

“Rupiah hari ini kalau dilihat cukup stabil ya yang juga dipengaruhi oleh IHSG yang pergerakannya positif,” kata Josua kepada Kompas.com, Selasa.

Selanjutnya menyusul pengumuman pertumbuhan ekonomi dari Badan Pusat Statistik pagi ini, diperkirakan pertumbuhan ekonomi kita pada kuartal III  cenderung melambat. Dan ini cukup mempengaruhi pergerakan rupiah, namun dalam range yang tidak terlalu signifikan.

Baca juga: Hari Ini, Kurs Rupiah Ditutup Melemah

“Kalau kita lihat pengumuman pertumbuhan ekonomi kita pada kuartal tiga diprediksi agak melambat menjadi 5,01 persen dibanding kuartal sebelumnya 5,05 persen. Penurunan laju pertumbuhan ekonomi kita ini juga mempengaruhi. Tapi sejauh ini pelaku pasar masih konfiden,” ungkap Josua.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Adapun mata uang Asia yang menguat pagi ini adalah mata uang Yen Jepang yang menguat 0,20 persen di angka 108 per dollar AS. Selanjutnya dua mata uang lainnya melanjutkan pelmahan, seperti Yuan China 7.022 per Dollar AS merosot 0,07 persen.

Dollar Singapura diangka 1.358 per dollar AS atau merosot 0,04 persen.

Josua memprediksi pergerakan rupiah sepanjang hari ini di pasar spor berada pada range Rp 13.990 per dollar AS hingga Rp 14.050 per dollar AS. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.