Ingin UMKM Cepat "Go International", Menkop Gandeng Gojek hingga "Marketplace"

Kompas.com - 06/11/2019, 06:06 WIB
Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki sebelum pelantikan menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/10/2019). Presiden RI Joko Widodo mengumumkan dan melantik Menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju serta pejabat setingkat menteri. KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMOMenteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki sebelum pelantikan menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/10/2019). Presiden RI Joko Widodo mengumumkan dan melantik Menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju serta pejabat setingkat menteri.

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama dua pekan menjabat sebagai Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop dan UKM), Teten Masduki gencar memprioritaskan UMKM sebagai salah satu program kerja 100 harinya. Walau demikian, selama ini dirinya masih enggan menyebutkan apa saja program kerjanya tersebut.

Namun, sekarang dia langsung membuat gebrakan lima program utama mengembangkan UMKM agar bisa mencapai skala internasional. Selain membenahi kemasan produknya, Teten gerak cepat menggandeng sejumlah perusahaan pemasaran digital.

Salah satunya yaitu Gojek yang kini sudah sepakat akan membantu UMKM untuk meningkatkan pemasaran.

Baca juga: Insentif Pajak UMKM Masih Dikeluhkan, Teten Ingin Negosiasi Kemenkeu

"Memang betul, salah satu untuk memperbesar pasar produk UMKM, kami akan bekerja sama dengan perusahaan aplikasi yang menjual barang secara online. Jadi, UMKM go online (bersama dengan Gojek) atau digitalisasi UMKM ini salah satu menjadi prioritas," kata Teten dalam konferensi pers di Kantor Kemenkop UKM, Jakarta, Selasa (5/11/2019).

"Kami sudah bertemu dengan Gojek, Tokopedia, nanti sore saya akan bicara dengan BukaLapak," lanjutnya.

Namun, tidak menutup kemungkinan, Kemenkop UKM bakal mengincar marketplace dari milik perusahaan asing demi memperkenalkan produk-produk UMKM Indonesia agar mendunia.

"Tapi juga penting nanti, perusahaan-perusahaan online luar negeri akan menjual produk-produk UMKM," ujar Teten.

Baca juga: [POPULER MONEY] Kabar Kenaikan BBM Nonsubsidi | Penyebab Gangguan Internet Telkomsel

Peluang pengembangan UMKM go international juga turut dibantu oleh PT Telkom yang fungsinya memfasilitasi jaringan bersama dengan marketplace.

"Kemarin Telkom mau membantu untuk membuat agregasi dengan platform-platform tersebut. Semua marketplace bisa diintegrasikan di situ (Telkom)," ucapnya.

Nantinya, UMKM go international ini bakal melibatkan banyak kementerian serta lembaga yang terkait.

"Kami ditugaskan untuk konsolidasi pengembangan UMKM itu adanya di Kementerian Koperasi. Kami memang sedang menyusun rencana strategis pemberdayaan UMKM. Kami melibatkan 18 kementerian dan lembaga serta membentuk program manajemen office-nya," tutur Teten.

Baca juga: Promo 11.11, Ini Deretan Penawaran Menarik dari Bukalapak

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X