Kerugian Perang Dagang Tumbuh Menjadi Puluhan Miliar Dollar AS

Kompas.com - 06/11/2019, 09:17 WIB
Ilustrasi perang dagang AS-China. SHUTTERSTOCKIlustrasi perang dagang AS-China.
Penulis Kiki Safitri
|

KOMPAS.com – Perang dagang antara Amerika Serikat dan China terus mendatangkan kerugian antar kedua negara maupun beberapa negara lain sebagai bentuk imbasnya. Namun sepanjang perang dagang sejak awal tahun 2018, kerugian dua negara mencapai puluhan miliar dollar AS.

Melansir CNBC, Rabu (6/11/2019) data perdagangan yang dirilis awal pekan ini menunjukkan bahwa impor AS dari China turun tajam sebesar 53 miliar Dollar AS, sedangkan ekspor AS ke China turun hanya 14,5 miliar Dollar AS.

Dalam sembilan bulan pertama tahun ini, ekspor AS ke China juga turun 15,5 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Namun penurunan tersebut lebih besar daripada penurunan impor China yakni 13,5 persen.

Baca juga: Gara-gara B737 Max, CEO Boeing Terancam Tak Dapat Bonus Tahunan

Awal tahun 2019, ekspor mineral dan bijih besi AS ke China turun 65 persen. Ekspor produk kehutanan turun 39 persen dan ekspor hasil peternakan juga turun 35 persen.

Pada waktu yang sama, ekspor hasil pertanian AS juga turun sebesar 2 miliar dollar AS. Ekspor peralatan transportasi juga turun 5,8 miliar dollar AS akibat masalah teknis kerusakan pada produk pesawat dari Boeing 737.

Masalah Boeing ini memang dialami seluruh negara pengimpor jenis pesawat ini, termasuk China. Maka dari itu, ini akan menjadi masalah ekonomi yang lebih tahan lama dan lebih dalam bagi AS jika tidak kunjung memberi perubahan preferensi kepada China. Bahayanya adalah jika China menemukan pemasok baru, yang berarti kerugian besar akan terjadi pada eksportir pesawat AS.

Baca juga: Sofyan Basir Bebas, Bagaimana Nasib Proyek PLTU Riau-1?

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber CNBC
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X