Kompas.com - 06/11/2019, 15:52 WIB
Pelaksanaan seleksi CPNS pada 2017. KOMPAS/TOTOK WIJAYANTOPelaksanaan seleksi CPNS pada 2017.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ombudsman mengatakan tahun ini penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) memiliki ketentuan baru.

"Yang baru itu ada masa sanggah. Tahun lalu tidak ada," ucap Kepala Keasistenan Susbstansi 5 Ombudsman Irma Syarifah di Gedung Ombusdman Indonesia, Jakarta Rabu (6/11/2019).

Irma, menjelaskan nantinya setelah pemberkasan, dilakukan pengumuman pengujian akan sedikit lebih lama karena ada waktu untuk pengajuan sanggahan.

Kemudian, eencananya pemerintah juga akan mengakomodir pesrta yang dinyatakan tidak lusus pada tahap akhir (P1) dengan ketentuan syarat berlaku, mereka diberikan pilihan untuk ikut Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) menggunakan nilai tahun lalu.

"Ini atas masukan Ombdusman kepada Kemenpan RB, karena banyak protes di tahun lalu, lulus tapi karena hal tertentu jadi enggak lulus," kata Irma.

Baca juga: Ombudsman Bentuk Tim Pengawas Penerimaan CPNS 2019

Ia juga menyatakan, pihaknya menemukan adanya temuan help desk yang bersifat normatif yang hanya dibentuk untuk memenuhi syarat. Ke depannya, imbuh Irma, help desk tersebut perlu difungsikan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Memperhatikan ketentuan baru tersebut, kami memnita agar Menpan RB bersama BKN memastikan kesiapan sistem termasuk sosialisasi ketentuan terkait kepada masyarakat," ucap Anggota Ombudsman Laode Ida dalam kesempatan yang sama.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.