Targetkan Pembangunan Tol hingga 5.000 KM, Ini Pesan Jokowi

Kompas.com - 06/11/2019, 16:11 WIB
Ilustrasi jalan tol. Jasa MargaIlustrasi jalan tol.

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden RI Joko Widodo menargetkan pembangunan jalan tol hingga 5 tahun ke depan mencapai 4.500-5.000 kilometer.

Hal tersebut seiring visi misi Presiden Jokowi di masa kepemimpinan periode keduanya, yang akan meneruskan program pembangunan infrastruktur.

"Kita harapkan nanti 5 tahun ke depan berada pada angka kurang lebih 4.500 sampai 5.000 kilometer jalan tol," kata Presiden RI Joko Widodo saat membuka Indonesia Infrastructure Week 2019 di Jakarta, Rabu (6/11/2019).

Baca juga : Pemerintah Mau Bangun 2.500 Km Jalan Tol hingga 2024

Target tersebut juga menandakan tekadnya untuk mengalahkan China dalam pembangunan infrastruktur. Dia bilang, RI sudah tertinggal jauh dari China dalam segi pembangunan infrastruktur.

Dia mengilustrasikan, RI hanya bisa membangun tol sepanjang 780 kilometer selama 40 tahun. Sedangkan pembangunan di China telah menyentuh angka 280.000 kilometer.

"Inilah contoh ekstrim yang sering saya katakan. Kita terlalu jauh tertinggal dengan negara tetangga kita sendiri. Maka itu kita harus fokus pada pembangunan infrastruktur ke depan," ucap dia.

Sementara itu dalam 5 tahun terakhir, Jokowi menjelaskan RI telah mampu membangun kurang lebih 1.500 kilometer jalan tol. Pembangunan masif itu membawa Indonesia naik 30 peringkat dibanding 2010 menjadi peringkat ke 52 dalam hal pembangunan infrastruktur.

Ke depan, dia mengingatkan pembangunan infrastruktur yang masif harus menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat sekaligus ajang untuk menyerap produk lokal.

"Saya ingatkan, membangun infrastruktur jangan sampai pakai produk-produk impor. Harus bisa menyerap produk lokal. Saya ingatkan, pembangunan infrastruktur mampu menyerap lapangan kerja baru sehingga meningkatkan kualitas hidup masyarakat kita," pungkasnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X