Jokowi Minta Bank Turunkan Bunga, IHSG Ditutup Turun 0,7 Persen

Kompas.com - 06/11/2019, 18:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) ditutup melemah 0,74 persen atau 46,46 di angka 6.217,54 per saham pada Rabu (6/11/2019).

Analis Panin Sekuritas William Hartanto, sentimen IHSG terpengaruh oleh imbauan untuk bank menurunkan suku bunga kredit yang direspon negatif oleh investor.

“Imbauan untuk bank menurunkan suku bunga kredit langsung direspon negatif oleh investor asing dan terlihat IHSG memperparah pelemahannya di sesi dua karena sektor perbankan yang menurun,” kata William kepada Kompas.com.

Baca juga : Jokowi Minta Perbankan Segera Turunkan Suku Bunga Kredit

Mengutip data RTI, investor asing tercatat melakukan aksi jual hingga mencatatkan net sell sebesar Rp 322,8 miliar di pasar reguler dan di keseluruhan pasar Rp 401.78 miliar.

Saham-saham perbankan memang memerah dan membebani pergerakan IHSG seperti halnya BBRI (Rp 4.160 per saham), BMRI (Rp 6.975 per saham) dan BBMI (Rp 7.500 per saham).

Sementara saham lain non perbankan yang juga memerah dan membebani indeks adalah TLKM (Rp 4.120 per saham), UNVR (Rp 43.450 per saham) dan UNTR (Rp 22.850).

Jumlah saham yang di transaksikan pada hari ini adalah Rp 16,5 miliar dengan nilai transaksi RP 9,3 triliun. Ada 134 saham yang naik sepanjang hari ini, 284 saham yang turun dan 136 saham yang stagnan.

Hari ini Presiden Joko Widodo menyindir bank yang hingga kini belum menurunkan bunga kredit. Hal itu disampaikan Jokowi saat membuka Indonesia Banking Expo 2019 di Hotel Fairmont, Jakarta, Rabu (6/11/2019).

Ia meminta perbankan segera menurunkan bunga kredit menyusul suku bunga Bank Indonesia (BI) yang sudah diturunkan sebesar 100 basis poin (bps) menjadi lima persen.

"Saya mengajak memikirkan secara serius untuk menurunkan suku bunga kredit," kata Jokowi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.