BI Dorong Sinergi untuk Bangun Ekonomi Syariah

Kompas.com - 07/11/2019, 06:00 WIB
Pembukaan Festival Ekonomi Syariah (Fesyar) di Surabaya, Jawa Timur, Rabu (6/11/2019). KOMPAS.com/SAKINA RAKHMA DIAH SETIAWANPembukaan Festival Ekonomi Syariah (Fesyar) di Surabaya, Jawa Timur, Rabu (6/11/2019).

SURABAYA, KOMPAS.com - Bank Indonesia ( BI) mendorong sinergi antar pihak untuk membangun ekonomi syariah di Indonesia.

Komitmen untuk mewujudkan sinergi antar pemangku kepentingan di Indonesia menjadi penting guna lebih meningkatkan peranan ekonomi dan keuangan syariah bagi perekonomian nasional.

Upaya bank sentral untuk mendorong sinergi ini dilakukan dengan menggelar Festival Ekonomi Syariah (Fesyar) di sejumlah provinsi pada tahun ini, antara lain di Sumatera Selatan, Kalimantan Selatan, dan Jawa Timur.

"Sinergi yang erat dalam naungan Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) tersebut tentunya menjadi penting untuk terus dijaga dan menjadi modal yang besar dalam mewujudkan visi Indonesia sebagai pusat ekonomi dan keuangan syariah dunia di masa yang akan datang," kata Deputi Gubernur BI Dody Budi Waluyo saat membuka Fesyar di Surabaya, Rabu (6/11/2019).

Baca juga: Tak Hanya Jadi Konsumen, RI Berpeluang Jadi Produsen Industri Halal

Dody mengungkapkan, sinergi juga menjadi syarat penting dalam memperkuat pelaksanaan 4 strategi utama pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia, seperti yang tercantum dalam Masterplan Ekonomi Syariah Indonesia 2019–2024.

Keempat strategi tersebut meliputi penguatan rantai nilai halal, penguatan sektor keuangan syariah, penguatan usaha mikro, kecil dan menengah (UKM), serta pemanfaatan ekonomi digital.

Fesyar merupakan wajah baru dari pelaksanaan Indonesia Sharia Economy Festival ( ISEF) di daerah, yang telah terselenggara di Surabaya dalam lima tahun terakhir dan melahirkan beragam inisiatif yang menjadi rujukan nasional.

Melihat keberhasilan tersebut, ISEF didorong untuk memasuki level yang berbeda dengan menjadi event yang tidak hanya fokus pada skala domestik, namun juga menyentuh level global dengan keterlibatan investor dan forum internasional syariah yang lebih luas.

"Fesyar merupakan kegiatan bersama seluruh pihak yang memiliki keinginan kuat untuk berkolaborasi dalam mewujudkan pengembangan ekonomi dan keuangan syariah yang lebih maju dan terdepan di Indonesia," jelas Dody.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X