Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

GrabKios Bantu Usaha Warung Lebih Berkembang

Kompas.com - 07/11/2019, 12:42 WIB
Kiki Safitri,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Perusahaan transportasi daring, Grab berkolaborasi dengan pemerintah dalam memudahkan usaha warung untuk naik kelas.

Hari ini Kamis (7/11/2019), Grab meluncurkan sebuah trobosan baru meluncurkan Aplikasi GrabKios di Smesco, Jakarta.

Peluncuran aplikasi GrabKios ini didukung oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Perum Bulog dan Kementerian Perhubungan. Tujuannya, untuk memajukan usaha warung.

Intergrasi antara Grab dan pemerintah diharapkan mampu mengedepankan usaha warung agar sejajar dengan usaha retail.

Saat ini terdapat lebih dari 4,5 juta warung tradisional di Indonesia yang memiliki peran penting dalam ekonomi negara. Peluncuran ini sekaligus mengukuhkan 7 November 2019 sebagai Hari Warung Nasional.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Teten Masduki mengatakan bahwa dengan adanya sistem GrabKios, maka secara tidak langsung UKM didorong untuk memanfaatkan digitalisasi yang saat ini terus berkembang.

“Upaya yang dilakukan Grab Indonesia dalam menghubungkan 2,6 juta mitra agen di 505 kota/kabupaten Indonesia ke dalam ekosistem ekonomi digital merupakan suatu terobosan yang membuat UKM secara tidak langsung didorong untuk masuk dalam digitalisasi bisnis. Warung akan semakin kompetitif menghadapi persaingan dengan retail modern dalam memberikan layanan kepada konsumennya,” jelas Teten di Smesco Jakarta, Kamis (7/11/2019).

Neneng Goenadi selaku Managing Director Grab Indonesia menyebutkan bahwa GrabKios akan memudahkan proses digitalisasi warung di Indonesia. Dimana masyarakat kini bisa membeli barang dan kebutuhan di warung secara online.

“Dengan hadirnya GrabKios kami yakin hal ini dapat meningkatkan upaya untuk memberdayakan warung secara lebih baik lagi sehingga dapat bersaing di era digital,” jelasnya.

Turut hadir dalam peluncuran GrabKios Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Di sisi lain, Budi Waseso menyebut bahwa GrabKios mampu mempermudah Bulog dalam menyalurkan ragam bentuk sembako kepada UKM dan diharapkan memberikan dampak positif bagi perkembangan ekonomi di Indonesia.

“Sebagai salah satu bentuk komitmen Bulog dalam menjamin ketahanan pangan, kami mempertegas kemitraan kami dengan perusahan startup dalam memanfaatkan ekonomi digital,” ungkap Buwas. (Kii)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com