Asing Jual Saham Perbankan, IHSG Ditutup Turun 51,9 Poin

Kompas.com - 07/11/2019, 17:41 WIB
KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

JAKARTA. KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan ( IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) ditutup turun pada perdagangan Kamis (7/11/2019).

Mengutip data RTI, IHSG berada di posisi 6.615,63 atau melemah ditutup melemah 51,9 poin atau 0,84 persen dibandingkan penutupan kemarin pada 6.217,54.

Analis Panin Sekuritas William Hartanto menyebutkan, pelemahan IHSG ini diakibatkan karena aksi jual investor asing pada saham perbankan.

"IHSG gagal rebound karena net sell lanjutan investor asing pada saham perbankan," kata William kepada Kompas.com.

Baca juga: Jokowi Minta Bank Turunkan Bunga, IHSG Ditutup Turun 0,7 Persen

Saham - saham yang banyak dijual asing di keseluruhan pasar tercatat Rp 1,35 triliun dan penjualan saham regional Rp 1,21 triliun.

William mengatakan, pelemahan ini didorong oleh sentimen eksternal dimana Amerika Serikat setuju untuk menurunkan tarif beberapa produk China. Sehingga menyebabkan beberapa saham AS menunjukkan kinerja positif.

"Adanya sentimen eksternal yang sangat positif yaitu AS setuju membatalkan tarif terhadap China," kata William.

Sebelumnya Presiden China Xi Jinping meminta Presiden Amerika Serikat Donald Trump untuk menurunkan tarif produk China sebagai bentuk kesepakatan negosiasi dagang keduanya. Hal itu disampaikan Jinping usai rencana pertemuan di Chili gagal pada bulan ini.

Imbas sentimen eksternal ini juga mempengaruhi saham perbankan domestik seperti BBRI yang melemah 4.000 per saham, BBCA melemah 31.425 per saham.

Sepanjang hari ini, IHSG sempat menguat menit di awal pembukaan bursa di angka 6.234 per saham. Namun sebelum penutupan sesi satu IHSG bergerak melemah dan menyentuh angka 6.119 per saham.

Adapun jumlah saham yang ditransaksikan sepanjang hari ini adalah Rp 10,4 miliar dengan nilai transaksi Rp 8,3 triliun. Terdapat 111 saham yang naik, 308 saham yang turun dan 144 saham yang stagnan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X