Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rupiah Ditutup Menguat Setelah Sempat Lesu, Ini Penyebabnya

Kompas.com - 07/11/2019, 18:21 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA. KOMPAS.com - Mata uang rupiah menguat terhadap dollar AS pada penutupan spot Kamis (7/11/2019). Rupiah ditutup menguat 20 poin atau 0,14 persen di angka Rp 13.995 per dollar AS dibandingkan penutupan kemarin di angka Rp 14.015 per dollar AS.

Analis Panin Sekuritas, William Hartanto menyebutkan bahwa penguatan rupiah dipengaruhi sentimen eksternal terkait negosiasi dagang AS dan China.

"Rupiah menguat karena mendapat sentimen positif dari AS yang mencabut tarif sehingga mata uang Asia menjadi menarik kembali," kata William kepada Kompas.com.

Baca juga: Melemah, Rupiah Kembali Tembus Level 14.000 Per Dollar AS

Sebelumnya presiden China Xi Jinping meminta presiden Amerika Serikat untuk menurunkan tarif produk China sebagai bentuk kesepakatan negosiasi dagang keduanya. Ini disampain Xi usai rencana pertemuan di Chili gagal pada bulan ini.

Namun demikian keduanya sepakat untuk menandatangani kesepakatan negosiasi dagang pada akhir Desember 2019. Lokasinya pertemuan diperkirakan ada di sekitar London.

Sepanjang hari Rupiah tampak lesu dan sempat mengalami penguatan tertinggi pada angka Rp 13.995 per dollar AS dan pelemahan terendah menyentuh angka Rp 14.043 per dollar AS. Namun di sesi akhir Rupiah berhasil terkoreksi menguat hingga penutupannya.

Baca juga: Garuda Minta Sriwijaya Segera Bayar Utang ke Perusahaan BUMN

Adapun mata uang Asia yang melemah adalah mata uang Yen Jepang yang melemah 0,24 persen di angka 109 per dollar AS.

Dua mata uang Asia lainnya yang menguat antara lain mata uang yuan China 6.971 per dollar AS menguat 0,34 persen dan dollar Singapura di angka 1.356 per dollar AS atau 0,24 persen.

Baca juga: Harbolnas 2019, 111 Produk IKEA Didiskon

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com