Rupiah Ditutup Menguat Setelah Sempat Lesu, Ini Penyebabnya

Kompas.com - 07/11/2019, 18:21 WIB
THINKSTOCKS
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA. KOMPAS.com - Mata uang rupiah menguat terhadap dollar AS pada penutupan spot Kamis (7/11/2019). Rupiah ditutup menguat 20 poin atau 0,14 persen di angka Rp 13.995 per dollar AS dibandingkan penutupan kemarin di angka Rp 14.015 per dollar AS.

Analis Panin Sekuritas, William Hartanto menyebutkan bahwa penguatan rupiah dipengaruhi sentimen eksternal terkait negosiasi dagang AS dan China.

"Rupiah menguat karena mendapat sentimen positif dari AS yang mencabut tarif sehingga mata uang Asia menjadi menarik kembali," kata William kepada Kompas.com.

Baca juga: Melemah, Rupiah Kembali Tembus Level 14.000 Per Dollar AS

Sebelumnya presiden China Xi Jinping meminta presiden Amerika Serikat untuk menurunkan tarif produk China sebagai bentuk kesepakatan negosiasi dagang keduanya. Ini disampain Xi usai rencana pertemuan di Chili gagal pada bulan ini.

Namun demikian keduanya sepakat untuk menandatangani kesepakatan negosiasi dagang pada akhir Desember 2019. Lokasinya pertemuan diperkirakan ada di sekitar London.

Sepanjang hari Rupiah tampak lesu dan sempat mengalami penguatan tertinggi pada angka Rp 13.995 per dollar AS dan pelemahan terendah menyentuh angka Rp 14.043 per dollar AS. Namun di sesi akhir Rupiah berhasil terkoreksi menguat hingga penutupannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Garuda Minta Sriwijaya Segera Bayar Utang ke Perusahaan BUMN

Adapun mata uang Asia yang melemah adalah mata uang Yen Jepang yang melemah 0,24 persen di angka 109 per dollar AS.

Dua mata uang Asia lainnya yang menguat antara lain mata uang yuan China 6.971 per dollar AS menguat 0,34 persen dan dollar Singapura di angka 1.356 per dollar AS atau 0,24 persen.

Baca juga: Harbolnas 2019, 111 Produk IKEA Didiskon

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.