Akhir Pekan, Rupiah Ditutup Melemah ke Rp 14.014 Per Dollar AS

Kompas.com - 08/11/2019, 17:26 WIB
iStockphoto/danikancil
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Mata uang rupiah melemah terhadap dollar AS pada penutupan pasar spot Jumat (8/11/2019). Mengutip data Bloomberg, rupiah ditutup melemah 19 poin atau 0,14 persen di angka Rp 14.014 per dollar AS dibandingkan penutupan kemarin di angka Rp 13.995 per Dollar AS.

Ekonom Samuel Aset Manajemen Lana Soelistianingsih menyebutkan bahwa pelemahan rupiah tidak dipengaruhi sentimen apapun. Menurutnya pelemahan lebih kepada faktor teknikal setelah dalam beberapa hari lalu rupiah sempat menguat.

“Ini adalah faktor teknikal saja. Rupiah sudah beberapa hari menguat, kalau hari ini melemah ya wajar saja sih, karena kalau faktor teknikal itu kan grafik dimana enggak ada fundamental yang mempengaruhi,” kata Lana kepada Kompas.com.

Baca juga: KPK Lelang 4 Mobil Bupati dan Kadis Korup, Mulai Rp 40 Jutaan...

Bank Indonesia (BI) mencatat posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir Oktober 2019 sebesar 126,7 miliar dollar AS. Porsi nilai cadangan devisa ini naik dibandingkan dengan posisi pada akhir September 2019 sebesar 124,3 miliar dollar AS.

“Kalau kemarin itu kan sudah ada cadangan devisa yang naik ya, dan sudah menguat cukup lumayan. Pelemahan juga enggak perlu ada sentimen, karena masalah teknikal itu tidak bisa dijelaskan,” jelas Lana.

Sore ini seluruh mata uang Asia kompak melemah seperti mata uang yen Jepang yang melemah 0,03 persen di angka 109 per dollar AS. Yuan China 6.986 per dollar AS melemah 0,18 persen dan dollar Singapura di angka 1.359 per dollar AS atau melemah 0,17 persen.

Baca juga: Kemenkeu Lelang Online 10 Mobil, Uang Jaminan Rp 10 Juta

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X