Antisipasi Harga Bahan Pokok Meroket, Ini yang Dilakukan Kemendag

Kompas.com - 08/11/2019, 20:28 WIB
KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perdagangan ( Kemendag) mengaku telah melakukan beberapa antisipasi agar harga bahan- bahan pokok seperti beras, minyak goreng, gula, hingga daging tidak mengalami kenaikan jelang Natal dan Tahun Baru.

Dirjen Perdagangan Dalam Negeri, Suhanto, mengatakan pihaknya telah melakukan rapat koordinasi dengan 34 provinsi kepala dinas untuk menjaga harga bahan pokok tidak naik.

"Kemarin kami sudah mengundang 34 kepala dinas provinsi untuk rapat koordinasi dan bisa dilaporkan saat ini di 34 provinsi harga masih aman," ujarnya di Jakarta, Jumat (8/11/2019).

Baca juga: Airlangga: Ekonomi RI Melambat tapi Lebih Baik Dibanding Malaysia, Singapura...

Selain memastikan harga bahan pokok masih aman, Suhanto juga mengatakan bahwa rapat tersebut menghasilkan kesepakatan. Kemendag akan meninjau langsung pasokan bahan pokok di setiap daerah.

Nantinya pejabat eselon I Kemendag akan datang ke daerah dan memimpin rapat koordinasi di daerah untuk memastikan tak ada lonjakan harga bahan pokok pada akhir tahun.

"Di setiap provinsi rapat akan dipimpin oleh pejabat eselon satu per satu wilayah agar tahu mengenai kelonjakan harga," lanjutnya.

Khusus untuk beras, Kemendag akan menyiasatinya harga dengan menjual beras medium di seluruh Indonesia dengan harga terjamin yang dikirim oleh Bulog secara langsung.

Baca juga: Luhut soal Pertemuan dengan Prabowo: Kami Bernostalgila...

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X