Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Emas Turun ke Level Terendah 3 Bulan

Kompas.com - 09/11/2019, 09:31 WIB
Erlangga Djumena

Editor

Sumber Antara

CHICAGO, KOMPAS.com - Harga emas berjangka di COMEX New York Mercantile Exchange mengalami penurunan pada akhir perdagangan Jumat (8/11/2019) waktu setempat, (Sabtu pagi WIB).

Logam mulia ini tertekan oleh penguatan dollar AS atau greenback terhadap sejumlah mata uang utama dunia.

Kontrak emas paling aktif untuk pengiriman Desember turun 3,5 dollar AS atau 0,24 persen, ditutup pada 1.462,9 dollar AS per ounce. Posisi ini merupakan level terendah baru dalam tiga bulan terakhir.

Baca juga: Hari Ini, Harga Emas Antam Turun Rp 5.000

Dollar AS naik pada perdagangan karena sentimen investor terangkat oleh kemungkinan kemajuan dalam pembicaraan perdagangan Amerika Serikat dan China yang mendorong para investor beralih ke aset-aset berisiko.

Kementerian Perdagangan China pada Kamis (7/11/2019) menyatakan bahwa China dan Amerika Serikat sepakat untuk menarik semua tarif yang diberlakukan oleh kedua negara. Pernyataan ini membantu meringankan ketidakpastian perdagangan yang membebani ekonomi global.

"Di dua minggu ini, para negosiator telah melakukan pembicaraan serius, diskusi konstruktif dan setuju untuk menghilangkan tarif-tarif tambahan di fase (kesepakatan) sebagai progres dari perjanjian yang tengah berjalan," kata Juru Bicara Kementerian Perdagangan China Gao Feng.

Indeks dollar AS, yang mengukur dlolar terhadap enam mata uang saingannya, naik 0,24 persen menjadi 98,38 pada pukul 18.30 GMT, sebelum penyelesaian transaksi emas.

Emas biasanya bergerak dalam arah berlawanan dengan dollar AS.  Jika greenback menguat maka emas berjangka akan jatuh, karena emas yang dihargai dalam dollar AS menjadi lebih mahal bagi investor yang menggunakan mata uang lainnya.

Adapun logam mulia lainnya, seperti perak untuk pengiriman Desember turun 18,7 sen atau 1,1 persen, menjadi 16,823 dollar per ounce. Platinum untuk pengiriman Januari turun 20,9 dollar AS atau 2,29 persen, ke posisi 893,1 dollar AS per ounce.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com