Inflasi Pekan Pertama November Hanya 0,1 Persen, Apa Sebabnya?

Kompas.com - 09/11/2019, 13:21 WIB
MUTIA FAUZIA

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) memastikan inflasi pada awal November 2019 tetap terjaga. Hal ini dapat dipastikan melalui survei pemantauan harga yang rutin dilakukan oleh mereka (BI).

"Sampai dengan minggu pertama November secara month to month inflasi 0,1 persen. Sedangkan year on year, inflasi sebesar 2,96 persen," kata Deputi Gubernur BI, Dody Budi Waluyo ditemui di Kompleks Bank Indonesia, Jakarta, Jumat (8/11/2019).

Rendahnya angka inflasi awal November tersebut lantaran daya beli masyarakat yang menurun sehingga harga tidak mengalami kenaikan yang signifkan.

Adapun inflasi pekan pertama November 2019, disumbang oleh daging ayam ras, bawang merah, jeruk, kacang panjang, tomat sayur, dan air minum kemasan. Sedangkan komoditas yang mengalami deflasi, yaitu cabe merah, rawit, telur ayam ras, dan kentang.

Baca juga: Inflasi Oktober 2019 Mencapai 0,02 Persen, Ini Pemicunya

Selain itu, Bank Indonesia juga mencatat pendapatan nilai tukar petani mulai menunjukkan perbaikan beberapa bulan terakhir.

"Jadi itu gambaran relatif untuk masyarakat keseluruhan. Belum termasuk bansos yang dikucurkan meskipun sisa bansos sendiri sudah berkurang karena sebagian besar sudah diberikan di semester pertama," ujarnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

BI memastikan inflasi akhir tahun tetap terjaga di kisaran tiga persen dari prediksi sebelumnya. Beberapa waktu lalu, Badan Pusat Statistik ( BPS) mencatatkan inflasi pada Oktober 2019, sebesar 0,02 persen dengan indeks harga konsumen ( IHK) sebesar 138,4.

Adapun untuk tingkat inflasi tahun kalender (Januari-Oktober) dilaporkan sebesar 2,22 persen dengan tingkat inflasi dari tahun ke tahun (Oktober 2019 terhadap Oktober 2018) sebesar 3,13 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.